Khatam Al Quran Setiap Malam dalam 8 Jam Salat Tarawih di Magetan

0

Magetan, 5NEWS.CO.ID,- Berbeda dengan masjid lain, salat tarawih di Pondok Pesantren Temboro, Kecamatan Karas, Kab. Magetan Jawa Timur berlangsung selama delapan jam dengan membaca seluruh surat dalam Al Quran. Artinya dalam sekali shalat tarawih, imam salat mampu membaca 30 juz Al Quran.

“Kita membuat rombongan tarawih itu ya bisa dikatakan setiap malamnya khatam Al Quran,”ujar Muhamad Maksum, Pengasuh Pondok Pesantren Temboro, Kamis (23/5/2019) malam.

Saat ini, kata Maksum, ada 15 tempat yang melaksanakan tarawih dengan langsung khatam, hal itu sudah mentradisi di daerahnya sejak 6 tahun silam. Maksum menambahkan salat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat salat witir.

 “Beda-beda. Ada yang 1 juz, ada yang 15, ada yang 30 juz semalam,” lanjut Maksum.

Seorang makmum salat mengatakan hal tersebut merupakan kebesaran Allah. Dia menganggap kemampuan beribadah semacam itu merupakan hal yang luar biasa.

 “Kebesaran Allah. Dari maghrib sampai setengah empat subuh itu berdiri, duduk,berdiri, seperti itu terus. Luar biasa kesannya,” ucap seorang makmum Ali Shodiq, seperti dikutip Antara.

Selama salat tarawih berlangsung, petugas keamanan pondok pesantren  berkeliling untuk menjaga keamanan. Hal tersebut dilakukan agar warga yang ikut tarawih tak merasa khawatir dengan keamanan rumahnya.(hsn)

Komentar