Rencanakan Halal Bihalal Bersama, Dualisme Kepengurusan PSHT akan Berakhir?

0
PSHT Wacanakan Akhiri Dualisme Kepengurusan dengan Halal Bihalal Bersama

Madiun, 5News.co.id,– Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate mewacanakan kegiatan halal bihalal untuk mengakhiri dualisme kepengurusan. Rencana itu diungkapkan dalam acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Forkopimda Kota Madiun dengan pengurus PSHT, Sabtu (18/5/2019) sore, di Gedung Serbaguna Makorem 081/DSJ, jalan Pahlawan No. 50 Madiun, Jawa Timur.

Simak juga: Bentrok Dua Malam, SH Terate dan Winongo Wonogiri Imbau Warganya Tak Turun ke Jalan

Bupati Madiun, Ahmad Dawawi Ragil Saputro mengatakan, Kota Madiun adalah kota pesilat, oleh sebab itu dia berharap konflik sosial dapat dihindari demi terwujudnya kerukunan.

“Mari sama-sama kita jalin silaturahmi demi kebaikan semuanya. Sudah tidak waktunya kita berselisih. Madiun adalah kota pesilat diharapkan selalu rukun dan aman,” katanya.

Simak juga: Buntut Bentrokan Pesilat di Wonogiri, Kasat Reskrim Dirujuk ke Singapura

Dalam kesempatan itu, Panitera Sekretaris Pengadilan Negeri (PN) Madiun Murtoyo SH, mengatakan jalan terbaik adalah duduk bersama antara pengurus Madiun dan Jakarta secara damai. Menurutnya, dengan begitu permasalahan bisa diselesaikan.

“Kami menangani perkara ini mulai dari awal sampai terakhir, dan terus saling menggugat secara bergantian,” ungkapnya.

“Menurut saya, jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yaitu damai antara yang di Jakarta dan Madiun. Antar ketua bisa duduk bersama dan tidak didampingi kuasa hukumnya. Insyaallah permasalahan selesai,” lanjut dia.

Muhammad Taufiq, selaku Ketua PSHT Parluh 2016 tampak duduk bersama Ketua PSHT Parluh 2017, R. Moerdjoko HW, dan H. Issoebiantoro yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pusat PSHT Pusat Madiun Parluh 2017 guna menyelesaikan masalah dualisme kepengurusan yang sedang dialami organisasi silat itu.

Didampingi Forkopimda, para sesepuh PSHT itu melaksanakan musyawarah tertutup selama lebih kurang satu setengah jam.

Tak lama kemudian, Walikota Madiun, Maidi, menyampaikan kesepakatan hasil musyawarah antara kedua belah pihak. Yang pertama, bahwa arah ke perdamaian untuk kembali menyatu sudah mencapai 60{87a6ba9263d977182cf0a134e761ac1c7030e18f2a2187e1929c78f85c4b9bec}. Kedua, rencana akan diadakan kegiatan halal bihalal bersama.

Ketiga, kedua belah pihak akan berkomunikasi secara intens dan kembali ke jiwa PSHT sesuai hati nurani masing-masing untuk menyelesaikan sendiri permasalahan internal. Dan yang keempat, Forkopimda Madiun siap memfasilitasi pertemuan dari PSHT untuk membantu menyelesaikan permasalahan.(hsn)

Tinggalkan Balasan