Polda Jatim Cegah Mobilisasi Massa Berkedok Tour Jihad 22 Mei

0

Surabaya, 5News.co.id,- Polda Jawa Timur merespon dugaan mobilisasi massa bertemakan ‘Tour Jihad 22 Mei’ dengan tujuan Jakarta. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menegaskan akan melakukan tindakan preventif untuk mencegah mobilisasi massa tersebut.

Simak juga: Cegah Gesekan dengan Kelompok Salafi, Banser dan Warga NU Pasuruan Amankan Masjid

“Jika benar, kami akan lakukan langkah preventif sesuai aturan,” tegas Frans Barung Mangera, seperti dikutip solopos, Jumat (17/5/2019).

“Sesuai perintah Menkopolhukam, kami akan lakukan pencegahan,” tegas Frans.

Selain itu, Frans juga mengatakan bahwa Polda Jatim telah memerintahkan jajaran Polres di perbatasan seperti Tuban dan Ngawi untuk melakukan pengamanan

Sebelumnya, beredar kabar mobilisasi massa pendukung pasangan nomor urut 02 di Jawa Timur, untuk bergerak ke Jakarta pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 pekan depan. Hari itu bertepatan dengan hari saat KPU mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

Selain sejumlah paket yang ditawarkan, disebutkan juga rombongan tour akan berangkat dari Surabaya menuju Jakarta pada Minggu (19/5/2019) pukul 06.00 WIB. Rombongan akan pulang ke Surabaya pada Kamis (23/5/2019) subuh.

Simak juga: Tertabrak Kereta, Mobil Anggota Banser dan Mantan Ketua Ansor di Tulungagung Hancur

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto telah memerintahkan Pori dan TNI untuk mencegah massa datang ke Jakarta, pada tanggal tersebut.

Dalam kesempatan lain, Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengimbau warganya untuk lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa di tempat masing-masing. Dia juga berharap, warga Jatim tidak terprovokasi mengikuti gerakan people power.

“Mari kita menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk di pesantren atau di rumah masing-masing. Saya mohon kita melakukannya dengan khidmat ndak usah keluar kota, ndak usah keluar Jatim,” ujar Khofifah, Jumat (17/5/2019) malam, usai menghadiri acara buka bersama Forkopimda di Polda Jatim.(hsn)

Komentar