Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan pada Senin 6 Mei 2019

0
7
Kemenag Isbat 1 Ramadhan

Jakarta, 5News.co.id,- Kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 mei 2019. Hal itu menandai dimulainya ibadah puasa bagi umat muslim di Indonesia.

Simak juga:
PBNU: Hilal Terlihat, Awal Ramadhan Jatuh pada Senin 6 Mei 2019

Pengumuman hasil sidang isbat oleh Kemenag itu diumumkan setelah berlangsungnya sidang tertutup untuk mendengarkan kesaksian hasil rulyat seluruh peserta sidang. Selain itu, Menag juga menyebut posisi hilal sebagai faktor utama.

“Diputuskan dengan pertimbangan posisi hilal dan kesaksian rukyat seluruh peserta sidang. Yang sepakat dan mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari Senin 6 Mei 2019,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Kemenag juga menyebutkan, perwakilan tim hisab dan rukyat yang tersebar di 102 titik di seluruh Indonesia, telah melaporkan hasil data. Sidang isbat melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga mengumumkan hasil rukyat hilal dan menetapkan hal yang sama. Lembaga Falakiyah PBNU yang menggelar rukyatul hilal untuk menetapkan awal Ramadhan 1440 H, menyatakan hilal sudah terlihat di beberapa titik. .(wan)

Tinggalkan Balasan