Ragam Manfaat Tisu di Dapur

0
Foto: Freepikcom

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda tak pernah terlepas dari penggunaan tisu. Lembaran tisu yang tipis ini, selain biasa digunakan untuk menyeka keringat rupanya memiliki banyak sekali manfaat yang tak terduga. Ternyata, ada banyak manfaat tisu yang berguna dalam kegiatan memasak di dapur. 

Manfaat Tisu di Dapur yang Tak Terduga

Tisu dapur yang berbentuk gulungan ini juga banyak membantu dalam menjaga kebersihan. Tumpahan air, minyak, ataupun meja kotor bias dibersihkan dengan tisu. Selain itu, apa saja ya manfaat lain yang bisa di dapat dari tisu dapur?

1. Menjaga Kesegaran Sayur dan Buah

Bagaimana tisu mampu menjaga kesegaran sayur dan buah? Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara membungkus sayuran hijau atau buah-buahan dengan tisu dapur sebelum menyimpannya dalam kulkas. Menyimpan buah-buahan dan sayuran di dalam kulkas sebaiknya dilakukan dalam kondisi yang utuh, Sehingga buah dan sayur akan terjaga kualitasnya.

Manfaat tisu di dapur sebagai pembungkus buah dan sayur akan membantu menjaga kondisi bahan makanan tersebut tetap tertahan kelembabannya. Jadi, buah dan sayur tidak rusak dan kehilangan nutrisinya.

Gantilah tisu pembungkus buah dan sayuran untuk produk sayur dan buah yang baru. Selain dibungkus, Anda juga bisa hanya dengan melapisi laci kulkas dengan tisu. Dengan demikian, permukaan laci kulkas tetap bersih dan kering karena kelembabannya terkunci di tisu.

2. Pengganti Kuas untuk Mengoles Minyak ke Wajan

Tisu juga dapat digunakan untuk mengoleskan minyak pada wajan anti lengket. Hal ini tentunya sangat membantu apabila Anda tidak memiliki kuas untuk mengoles minyak pada wajan. Sebab tisu mempunyai daya serap tinggi sehingga mampu mengunci minyak pada permukaannya.

Cara menggunakan tisu sebagai pengganti kuas untuk mengoles minyak juga sangat mudah. Anda cukup mencelupkan tisu ke dalam minyak. Selanjutnya usapkan tisu tersebut pada permukaan wajan anti lengket secara merata.

3. Mengelap Wajan Anti Lengket

Penggunaan tisu memang seringkali dimanfaatkan untuk membersihkan sesuatu, salah satunya yaitu mengelap wajan anti lengket. Cara ini tentunya sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Anda cukup menyeka wajan dengan menggunakan tisu dapur tanpa perlu mencucinya lagi dengan air.

Namun perhatikan juga kecepatan mengelap Anda. Sebab wajan yang panas tentunya dapat membakar tangan dan tisu yang Anda pakai.

4. Membantu Pengomposan

Siapa mengira tisu dapur yang Anda gunakan sehari-hari dapat membantu proses pengomposan? Tisu dapur yang telah selesai Anda gunakan, jangan hanya dibuang ke tempat sampah begitu saja. Tisu dapur tersebut dapat Anda masukkan ke dalam lubang pembuatan kompos.

Fungsi penambahan tisu yaitu untuk keseimbangan karbon pada kompos yang Anda buat. Hal ini bisa terjadi sebab sifat tisu yang lembut, sehingga mampu membuat kantong-kantong udara yang bermanfaat untuk pertumbuhan mikroorganisme.

5. Membuat Talenan Menjadi Tidak Licin

Fungsi lain dari tisu selain mampu mengeringkan alat-alat masak, juga dapat berguna untuk membuat talenan tidak licin. Pada umumnya, talenan terbuat dari bahan plastik dan tidak mempunyai fitur anti selip di bawahnya. Hal ini menjadikan talenan memiliki permukaan yang licin, sehingga mudah bergeser ketika digunakan untuk memotong.

Memanfaatkan tisu sebagai dasar talenan bisa menjadikannya lebih keset, jadi tidak licin dan bergeser saat digunakan. Memotong bahan makanan pun jadi lebih mudah.

6. Melindungi Panci ketika Ditumpuk

Dapur yang sempit membuat Anda berpikir untuk menumpuk panci-panci yang Anda miliki? Hal tersebut bisa membuat permukaan panci tergores atau bahkan terbanting. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan tisu sebagai pelindung pada tumpukan panci tersebut.

Caranya juga sangatlah mudah, Anda hanya perlu meletakkan tisu di antara panci-panci tersebut. Maka tisu akan mampu melindungi permukaan panci dari goresan serta menjaga kelembabannya.

7. Untuk Menghilangkan Rambut Jagung

Seperti yang telah Anda ketahui, jagung memiliki rambut-rambut jagung yang halus. Saat hendak memasak, tentu akan sulit menghilangkan rambutnya satu demi satu. Untuk membantu menghilangkan rambut jagung dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan tisu dapur.

Caranya yaitu dengan membasahi tisu dapur dengan air, kemudian diusapkan pada permukaan jagung. Maka rambut-rambut pada jagung akan terlepas menempel di tisu.

8. Menjaga Microwave Tetap Bersih

Ketika Anda hendak memanaskan makanan menggunakan microwave, biasanya terdapat jenis makanan yang akan merekah atau tumpah saat dipanaskan. Tentunya hal ini menyebabkan permukaan microwave menjadi kotor.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan tisu dapur. Caranya tentu sangatlah mudah. Anda hanya perlu meletakkan tisu di atas makanan sebelum dipanaskan. Dengan demikian akan terhindar dari permukaan microwave yang menjadi kotor

Nah itu tadi manfaat tisu di dapur yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian, tentu permasalahan di dapur jadi lebih mudah teratasi dengan bahan sederhana berupa tisu. Maka dari itu sangat penting untuk selalu menyediakan tisu di dapur.

Berbagai macam manfaat tisu dapur bisa Anda pilih dan lebih mudah didapatkan di Blibli. Selain banyak diskon dan gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan termasuk promo tissue Cheers. Di Blibli, ada cashback sehingga belanja dari rumah jadi lebih murah dan hemat. Selain itu, belanja juga menjadi lebih praktis dan mudah. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera belanja di Blibli saja!.

Komentar