Cara Hasilkan Cuan dari Hal Sepele, Nomor 4 Mencengangkan

0
Hasilin Cuan dari Hal Sepele. (Foto: Beautynesia)

5NEWS.CO.ID,- Tahukah kalian bahwa sebenarnya kita bisa menghasilkan uang atau cuan dari hal sepele. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui apa itu cuan. Cuan adalah sesuatu hal yang dapat memberi kita keuntungan dalam bentuk materi atau uang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) cuan artinya untung atau laba.

Dari kegiatan sehari-hari, kita sering menyepelekan hal–hal remeh (sepele) di lingkungan sekitar. Misalnya saja kita bisa menghasilkan cuan dengan memanfaatkan medsos.

Saat kita merasa belum cukup dengan penghasilan kita, disisi lain harga kebutuhan pokok dan lainnya terus meningkat. Kita pasti berpikir bagaimana caranya menambah penghasilan.

Berikut adalah solusi hasilkan cuan dari hal sepele :

1.   Memanfaatkan limbah yang bisa didaur ulang

Seperti yang kita tahu dengan kreatifitas, kita bisa membuat hal baru dari limbah yang tidak bernilai menjadi berharga. Contohnya membuat kerajinan tangan berupa tas, dompet, dan lainnya dari limbah plastik kemudian untuk pemasarannya dapat dilakukan pada market online.

2.   Beternak dan Bertani Kecil-kecilan

Bertani dan beternak pasti jika di pikiran orang awam itu merepotkan dan memakan biaya yang besar. Pada kenyataannya kita bisa melakukan hal itu dengan modal yang terjangkau serta jika hasilnya sudah berkembang kita bisa mengangsurnya sedikit demi sedikit hingga bisa dikatakan cukup besar.

Contohnya dari sektor pertanian adalah bertani jamur tiram atau sejenisnya. Budidaya jamur tiram bisa dilakukan meski hanya memiliki lahan sedikit. Jika kita ingin membudidayakan jamur tiram, kita harus belajar dari ahlinya agar bisa mengevaluasi kinerja kita dalam menanam jamur, dan untuk awal percobaan kita bisa menggunakan hanya sedikit modal, lagipula harga per bibitnya cukup murah.

Lalu, pada sektor beternak contohnya adalah kita bisa memelihara beberapa ayam kampung, karena seperti yang kita ketahui bahwa harga ayam kampung lebih tinggi daripada harga ayam broiler/pedaging.

3.   Berjualan Cemilan Makanan Ringan

Kita bisa belajar untuk membuat cemilan ringan seperti kue, makaroni, risol, bolu, donat, bakso kecil (pentol), dan sejenisnya. Kita bisa edarkan produk kita di media sosial atau market online.

4.   Bertransaksi Jasa Online

Sekarang kita bisa melakukan jual beli dimana saja. Tak terkecuali melalui jasa, seperti contohnya jualan pulsa, kuota, token listrik, dan lainnya (Top Up).

5.   Memanfaatkan Internet

Sebagaimana yang kita tahu bahwa internet memiliki cakupan yang luas. Jika kita memiliki kemampuan desainer grafis dan sejenisnya di bidang IPTEK kita akan menemukan passion kita, selain itu kita bisa jual beli online barang apa saja sesuai pasar kita melalui aplikasi-aplikasi internet. (HUS)

Komentar