Cara Efektif Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

0
SUMBER FOTO: https://www.pexels.com/photo/shallow-focus-photo-of-a-person-using-her-smartphone-8420891/

Di masa super canggih seperti sekarang ini kebutuhan smartphone semakin tinggi. Namun, apa yang harus dilakukan jika baterai smartphone sering lowbat? Masalah ini memang sering terjadi di kalangan pengguna smartphone. Untuk membantu Anda menemukan jawabannya, Anda hanya perlu mengetahui apa saja penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya dengan tepat agar tidak merusak komponen smartphone.

Baterai HP yang mudah habis memang masalah yang ingin dihindari oleh semua pengguna smartphone. Bukan tanpa alasan, Anda akan kesulitan jika sewaktu-waktu harus menggunakan handphone tetapi baterainya habis. Selain itu, Anda pun akan kewalahan karena harus membawa power bank atau charger kemanapun. Apalagi, tidak selalu tersedia stop kontak untuk mengisi daya baterai.

Namun tahukah Anda bahwa penyebab baterai mudah drop itu bukan karena komponen baterai itu sendiri, melainkan karena banyak faktor lainnya. Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi baterai hp yang cepat habis,yuk simak informasi yang akan kami kupas habis khusus untuk Anda di bawah ini.

10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baterai HP yang ngedrop pastinya sangat menjengkelkan bukan? Oleh karena itu, Anda harus segera memperbaikinya agar bisa digunakan dengan nyaman seharian tanpa perlu membawa power bank atau charger kemanapun. Dan berikut ulasan lengkap tentang 10 penyebab baterai smartphone cepat drop.

1. Banyak Aplikasi Berjalan

Penyebab utama yang sering dialami oleh pengguna handphone adalah karena banyaknya aplikasi berjalan yang tidak digunakan. Aplikasi yang berjalan ini akan meningkatkan konsumsi baterai menjadi semakin tinggi sehingga cepat lowbat. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh jika aplikasi yang sering Anda gunakan memerlukan daya yang besar seperti aplikasi game dan media sosial.

2. Komponen Charger

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa penyebab baterai rusak tidak hanya disebabkan karena baterai itu sendiri, tetapi bisa juga karena komponen charger yang Anda gunakan. Perangkat tersebut memiliki risiko tinggi untuk merusak cell-cell yang ada di dalam baterai HP.

3. Kualitas Baterai

Meski dapat disebabkan dari faktor eksternal, tidak menutup kemungkinan bahwa baterai yang Anda gunakan itu sudah rusak. Penyebab baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai biasanya karena Anda menggunakan baterai yang dibeli dari produk yang tidak original alias KW sehingga ketahanannya rendah.

4. HP yang Overworked

Penggunaan HP yang berlebihan atau overworked akan membebani kinerja HP dan menyedot daya baterai yang tinggi. Penyebab yang satu ini juga akan sangat bermasalah jika Anda menggunakan aplikasi berat lainnya secara bersamaan.

5. Intensitas Cahaya

Tahukah Anda bahwa intensitas cahaya layar juga berpengaruh membuat baterai cepat habis. Meskipun berguna untuk membuat tampilan layar lebih jelas, tetapi pengaturan cahaya ini akan menguras daya baterai dengan cepat.

6. Menggunakan Charger KW

Baterai hp cepat habis dan lama mengisi bisa jadi disebabkan karena Anda menggunakan charger KW yang bukan bawaan dari HP yang dibeli. Memakai charger dari merek lain akan mempengaruhi kualitas pengisian daya dan membuat baterai tidak berfungsi optimal, apalagi jika Anda menggunakan charger abal-abal.

7. HP Sering Digunakan Main Game

Bermain game online membutuhkan RAM dan daya baterai yang tinggi. HP juga akan lebih mudah panas jika sering digunakan untuk main game. Sehingga akan lebih baik jika Anda membeli device khusus untuk bermain game agar tidak mempengaruhi kinerja baterai HP.

8. Google Play Service

Aplikasi Google yang terpasang di HP Anda bisa menjadi sumber masalah baterai yang boros. Aplikasi bawaan Google ini cenderung lebih membutuhkan memori tinggi dan sering berjalan di latar belakang, jadi Anda harus menghapusnya sesegera mungkin.

9. Berada di Wilayah dengan Area Buruk

Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya yang selanjutnya adalah mungkin Anda berada di wilayah dengan area buruk. Daerah seperti ini biasanya akan menguras baterai dengan cepat karena smartphone akan berusaha keras untuk terhubung ke menara terdekat agar tetap menerima sinyal.

10. Mematikan Menu Hemat Daya

Mode hemat daya merupakan fitur penting untuk menjaga ketahanan baterai HP. Jika Anda tidak memanfaatkan fitur yang satu ini maka, konsumsi baterai akan terus meningkat karena tidak ada pengaturan untuk menghentikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Nah, 10 penyebab yang dapat membuat baterai smartphone cepat habis di atas dapat diatasi dengan 5 solusi atau cara ampuh berikut ini. Let’s check this out!

  1. Aktifkan mode power saving
  2. Atur kecerahan pada batas minimal
  3. Hapus aplikasi berat yang membutuhkan daya tinggi
  4. Nonaktifkan aplikasi berjalan di background gawai
  5. Ganti HP Anda ke Infinix Zero X Pro

Untuk mendapatkan smartphone dengan baterai yang awet, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah hadir Infinix Zero X Pro yang akan menemani keseharian Anda tanpa takut baterai akan habis. Baterai akan tetap awetmeski digunakan untuk banyak kegiatan. Smartphone canggih yang satu ini dibekali dengan baterai 4.500 mAh yang tahan lama hingga 24 jam dan fitur fast charging 45 W.

Anda dapat menemukan Infinix Zero X Pro dengan potongan harga yang fantastis di Blibli. Blibli adalah salah satu marketplace terkemuka yang selalu menawarkan pilihan produk original untuk pelanggannya. Hadir dengan berbagai diskon menarik, Anda dapat belanja disini sepuasnya tanpa takut boros karena Anda bisa klaim potongan harga dan gratis ongkir tanpa batas.

Tidak hanya itu, Blibli juga terdepan dalam membantu masyarakat Indonesia menemukan pilihan produk yang diinginkan. Anda juga dapat menemukan jutaan produk lengkap dari berbagai kategori yang tidak dapat ditemukan di marketplace manapun. Menarik bukan?

Dengan adanya informasi tentang penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya di atas, semoga dapat membantu Anda mendapatkan pilihan Hp dengan baterai terbaik. Yuk segera kunjungi Blibli dan miliki smartphone Infinix Zero X Pro sebagai solusi baterai HP sering drop.(ADV/hsn)

Komentar