
Listrik merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat di masa kini. Selama 24 jam setiap harinya, aktivitas manusia tak bisa dipisahkan dengan energi listrik. Terlambat membayar tagihan bisa berakibat pemutusan sambungan listrik yang tentunya sangat mengganggu. Oleh sebab itu, perlu diketahui cara mengecek tagihan listrik setiap awal bulan agar pembayarannya tal lagi terlambat.
Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola sumber dan pendistribusian listrik di seluruh wilayah Indonesia, menetapkan aturan bahwa tagihan listrik harus dibayar paling lambat pada tanggal 20 setiap bulannya. Jika terjadi keterlambatan, ada sejumlah sanksi yang akan dikenakan pada pelanggan, termasuk pemadaman sementara.
Terpuruknya ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 mendorong pemerintah memberikan sejumlah stimulus berupa subsidi bagi para pelanggan listrik. Menurut siaran pers Nomor 286.PR/STH.00.01/I/2021, pemerintah melalui PLN, memberikan stimulus listrik guna meringankan beban biaya listrik periode Juli hingga September 2021.
Bagi pelanggan listrik PLN golongan rumah tangga, bisnis dan industri kecil berdaya 450 VA diberikan diskon tarif sebesar 50 persen. Sementara pelanggan golongan rumah tangga, berdaya 900 VA, diberi stimulus berupa diskon tarif 25 persen. Sementara bagi pelanggan PLN pasca bayar golongan industri, bisnis dan sosial, diberi stimulus berupa pembebasan biaya abonemen dan diskon rekening minimum sebesar 50 persen.
Bagi pelanggan pasca bayar, stimulus akan diberikan dengan mendiskon langsung tagihan bulanan. Sementara bagi pelanggan pra bayar, stimulus diberikan pada saat pembelian token listrik. Berikut cara cek tagihan listrik yang bisa dilakukan setelah tanggal 2-3 setiap awal bulan:
- SMS
Untuk mengecek tagihan listrik melalui SMS, dapat dilakukan dengan mengetik REK (spasi) XXXXXXXXXXX (nomor pelanggan) dikirim ke nomor 8123. Pelanggan akan mendapat balasan SMS berisi informasi tagihan listrik di bulan berjalan.
Untuk berlanggan informasi tagihan listrik setiap bulan, pelanggan dapat mengirim SMS ke nomor 8123 dengan mengetik PLN (spasi) ON (spasi) XXXXXXXXXXX(nomor pelanggan). Jika ingin berhenti mendapat SMS, pelanggan dapat menon-aktifkan layanan tersebut dengan mengirim SMS dengan format OFF (spasi) XXXXXXXXXXX(nomor pelanggan).
Layanan informasi tagihan listrik ini akan dikenakan biaya Rp 500 (belum termasuk PPN 10 persen).
- Aplikasi
Pelanggan dapat mendownload aplikasi PLN Mobile yang tersedia gratis melalui aplikasi Play Store bagi pengguna android ataupun App Store bagi pengguna iOS. Dalam aplikasi ini, tersedia informasi tagihan listrik, transaksi token, riwayat pemakaian, layanan pengaduan dan sejumlah layanan lain dari PLN.
- Website
PLN juga menyediakan layanan informasi tagihan di situs web resminya. Di situs layanan.pln.co.id, pelanggan dapat mendaftarkan akun lalu mengisi data diri dan melakukan aktivasi melalui email. Setelah akun aktif, pelanggan dapat login untuk mengetahui informasi yang disediakan oleh layanan di wesite resmi PLN tersebut.
Belakangan, seiring dengan majunya ruang digital, semakin banyak vendor yang menyediakan layanan cek tagihan listrik yang dapat digunakan oleh pelanggan. Namun demikian, pelanggan juga harus berhati-hati untuk tidak sembarangan memberikan data pribadi yang dapat disalah-gunakan.(hsn)