12 Arti dan Tafsir Mimpi (1)

0
12 Arti dan Tafsir Mimpi (1)
Gambar ilustrasi.

Setiap orang pasti pernah bermimpi, sebuah fenomena unik saat tidur masih menjadi misteri hingga kini. Beragam tafsir dan arti mimpi kerap dipaparkan sejumlah kalangan, baik dari kalangan ulama ataupun ilmuwan. Namun demikian, belum ada yang memastikan tafsir maupun arti dari mimpi. Bisa jadi mimpi merupakan bunga tidur atau refleksi alam bawah sadar. Bisa jadi, mimpi juga merupakan sebuah isyarat.

Dikutip dari kitab Hazanah Al-Asror karya Sayid Taqi Al-Muqadam, mimpi harus diklasifikasikan terlebih dahulu sebelum dianggap sebagai pertanda atau isyarat. Waktu mimpi yang dapat dianggap sebagai isyarat, menurut kitab tersebut, kebanyakan dialami saat sepertiga akhir malam atau waktu menjelang subuh.

Dalam kitabnya, Sayid Taqi Al-Muqadam juga membeberkan 12 klasifikasi mimpi yang dia klaim sebagai metode tafsir mimpi dari Nabi Yusuf. Menurutnya, metode tersebut menjadi pedoman para ulama secara turun temurun. Berikut 12 klasifikasi arti dan tafsir mimpinya:

1. Nabi, Manusia Suci dan Malaikat

Mimpi bertemu nabi bisa menjadi pertanda bahwa urusan dunia dan akhirat sedang berjalan secara teratur. Mimpi melihat malaikat menjadi pertanda akan naik haji. Sementara melihat bulan dan bintang dalam mimpi, merupakan pertanda kedudukan yang terhormat atau akan mendapatkan anak yang berperangai baik. Mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dunia menjadi pertanda hilangnya kesusahan.

2. Al Quran (kitab suci), Belajar, Tutup Kepala dan Pengadilan

Mimpi melihat Al Quran (kitab suci) merupakan pertanda berkumpulnya pemahaman urusan duniawi dan akherat bagi yang bermimpi. Bisa jadi, yang bermimpi juga menguasai pemahaman tentang Al Quran (kitab suci). Mimpi suara azan dan iqomat menjadi pertanda menguatnya agama dan meningkatnya kehormatan diri. Pengadilan dalam mimpi bermakna selesainya urusan secara baik dan patut. Mimpi memimpin sesuatu menjadi pertanda keunggulan dalam sebuah pekerjaan. Mimpi berada dalam kancah peperangan merupakan peringatan agar waspada terhadap musuh dan hendaknya menjaga lidah dari membicarakan sesama manusia (ghibah).

3. Perhiasan dan Permata

Mimpi melihat perhiasan atau batu permata menjadi pertanda teraturnya kehidupan. Melihat cincin dalam mimpi merupakan pertanda tercapainya kemuliaan dan fasilitas kehidupan. Mimpi melihat tambang perhiasan (tambang emas, perak dsb.) pertanda akan memperoleh keuntungan. Adapun mimpi melihat senjata menjadi pertanda memperoleh kekuatan. (bersambung…)

Komentar