Wow! Makan Kecambah Bisa Terlihat Awet Muda

0
Kecambah, foto by istimewa.

5NEWS.CO.ID,- Kecambah atau tauge adalah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tanaman ini digolongkan sebagai sayur-sayuran dan merupakan bagian menu yang cukup umum.

Bila dijadikan sebagai bahan pangan biasanya kecambah diolah dengan cara ditumis atau direbus. Untuk tingkat kandungan gizinya jangan diragukan lagi, kecambah banyak mengandung vitamin C dan E dan beberapa zat lainnya seperti protein, lemak, maltosa, folat, saponin, kanavavin dan fitoestrogen.

Apabila dikonsumsi setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Tingkatkan kesehatan jantung 

Mengkonsumsi kecambah secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Sehinggga hal ini dapat mengurangi perkembangan berbagai risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung seperti tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan berat badan 

Protein pada kecambah mampu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi semangkuk kecambah disela waktu makan dapat mengenyangkan perut dan mengurangi nafsu makan sehingga hal ini baik untuk program diet.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Kandungan vitamin C dalam jumlah yang besar serta senyawa saponinnya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua zat ini bisa merangsang produksi interferon dan sel limsofit. Sel limsofit dan interferon bisa mempertahankan kesehatan tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

4. Merawat kecantikan kulit 

Kecambah termasuk pangan yang kaya akan kandungan vitamin E yang baik untuk merawat kecantikan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang menawan serta terlihat awet muda maka konsumsilah kecambah secara teratur untuk menu harian.

5. Cegah terjadinya oestoporosis dini

Kandungan zat yang menyerupai estrogen mampu mencegah terjadinya oestoporosis dini.

6. Atasi masalah menstruasi 

Kecambah juga memiliki kandungan fitoestrogen yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah menstruasi yang biasa dialami oleh beberapa kaum hawa saat menjelang dan ketika fase haid berlangsung.

7. Kurangi keluhan saat monepause

Ketika memasuki awal fase monepause kebanyakan wanita mengalami masalah atau gangguan secara fisik dan psikis. Dengan mengkonsumsi kecambah bisa menurunkan beberapa keluhan monepause.

8. Cegah kanker 

Senyawa kanavavinnya mampu cegah kanker secara alamiah.

9. Obati kanker 

Bagi penderita kanker dapat diobati secara dengan mengkonsusmsi kecambah. Karena kecambah mengandung senyawa antikanker, yaitu daidzen dan genistein dimana keduanya dapat menghambat pasokan gizi untuk sel-sel kanker. Sel-sel kanker akan mati secara perlahan-lahan dan pasti.

10. Turunkan risiko radang sendi 

Masalah sendi biasanya dialami oleh para lansia, dengan mengkonsumsi kecambah mampu atasi risiko radang sendi atau artritis. (sari)

Komentar