Ingin Tulang Sehat? Sawi Putih Cegah Oesteoporosis

0

 

Sawi putih.

5NEWS.CO.ID,- Sawi putih atau petsai merupakan sayuran rendah kalori yang kaya akan kandungan gizi. Tanaman ini berasal dari daerah Beijing, Tiongkok.

Orang Tiongkok kebanyakan mengolah sawi putih ini dijadikan asinan, sup atau cap cay. Namun masyarakat Korea membuatnya menjadi kimchi atau makanan khas mereka.

Mengkonsumsi sawi putih banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, karena merupakan sumber vitamin dan juga serat.

Adapun manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam sayuran ini dapat meningkatkan sistem kekbalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Jaga kesehatan mata 

Vitamin A dan beta karotennya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Adapun sumber alfa-karoten yang terbaik terdapat dalam labu, wortel, ubi, sawi putih dan alpukat.

3. Jaga kesehatan ginjal 

Kandungan kaliumnya yang rendah dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Dalam100 gram sawi mengandung 95 mg kalium atau sekitar 2 % dari kebutuhan kalium harian. Jumlah ini lebih rendah dari kol, terong, mentimun dan bayam.

4. Tingkatkan kesehatan tulang 

Sawi putih mengandung kalsium dan vitamin K yang menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Kontrol tekanan darah 

Kandungan kalium dalam sayuran ini bisa mengontrol tekanan darah, namun tidak bisa digunakan untuk obat penurun tekanan darah tinggi.

6. Cegah anemia

Kandungan zat besinya dapat mencegah terjadinya anemia. (sari)

Komentar