Ukuran Kecil Telur Puyuh Berikan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

0

Telur puyuh, foto by Nuke

5NEWS.CO.ID,- Siapa sih yang tak suka makan telur puyuh? Dibalik ukuran kecilnya, ternyata telur ini menyimpan segudang nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Telur puyuh sendiri berasal dari burung puyuh (coturnix coturnix) kulit cangkangnya yang bermotif serta bentuknya yang kecil mungil  menjadi keunikan tersendiri jika melihatnya. Hal ini mendorong kita untuk segera menyantapnya.

 Adapun sejumlah vitamin dan nutrisi yang ada dalam telur puyuh antara lain protein, Vitamin A, Vitamin B hingga asam amino. Berikut manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh yaitu:

1. Menjaga kesehatan gigi

Kandungan zinc pada telur puyuh efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel dan meningkatkan kesuburan. Zinc adalah mineral yang memilki peran penting dalam merawat kesehatan gigi serta mengatasi bau mulut.

2. Meminimalisir risiko penyakit jantung 

Zat kolin dan Vitamin A yang terkandung dalam telur puyuh efektif mencegah infeksi dan dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

3. Penambah stamina

Sama seperti telur ayam, telur puyuh mengandung protein yang berkhasiat meningkatkan  stamina tubuh serta menambah massa otot.

4. Menjaga kesehatan mata

 Kandungan Vitamin A dan B2 (riboflavin) pada telur ini membuat fungsi mata selalu optimal serta menghindari sejumlah gangguan seperti kornea rusak dan katarak.

5. Memperlambat penuaan

Mengkonsumsi telur puyuh secara rutin dapat memperlambat proses penuaan. Kandungan zat lutein (anti penuaan) merupakan kunci memperlambat  penuaan atau bikin awet muda.

6. Mencegah anemia

Mengkonsumsi telur puyuh dapat dapat meningkatkan kadar hemoglobin (HB) di dalam tubuh.

7. Mencegah kanker 

Konsumsi telur puyuh secara rutin dapat mengurangi risiko kanker. Kandungan selenium atau zat antioksidan bertugas untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

8. Meningkatkan kinerja otak 

Jika daya ingat kurang optimal, sering-seringlah  konsumsi telur puyuh. Sebab kandungan kolinnya efektif mempertajam daya ingat sekaligus merawat otak.

9. Mengatasi sembelit 

Sembelit diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Telur puyuh merupakan sumber serat yang patut untuk dikonsumsi guna mencukupi serat harian.

10. Meningkatkan kesuburan 

Sebab telur puyuh mengandung zat yang penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sperma seperti protein, zinc dan fosfor. Pada pasangan yang tengah merencanakan kehamilan cobalah konsumsi telur puyuh secara rutin. (sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here