Meski Relatif Murah, Singkong Mampu Cegah Oesteoporosis Hingga Cerahkan Kulit

0

5NEWS.CO.ID,- Singkong merupakan salah satu alternatif bahan makanan pokok orang Indonesia. Tanaman ini biasanya tedapat di wilayah tropis seperti Amerika Selatan, Africa dan Asia. Singkong biasanya diolah dengan cara direbus atau digoreng, bahkan bisa dibuat tepung seperti tapioka.

Memakan singkong bisa meningkatkan kesehatan usus seseorang dengan membantu memelihara bakteri usus yang bermanfaat. Adapun nutrisi yang terkandung dalam singkong meliputi karbohidrat, protein, serat, mineral (kalium, magnesium, fosfor dan kalsium) vitamin ( vitamin A dan C) dan air.

Sementara manfaat singkong bagi kesehatan tubuh antara lain:

1. Menambah energi 

Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori singkong lebih tinggi dibanding dengan umbi lainnya seperti kentang dan ubi.

2. Meminimalisir risiko penyakit jantung 

Serat singkong dinilai mampu meminimalisir risiko penyakit jantung, baik itu jantung koroner maupun stroke hingga hipertensi.

3. Sehatkan mata

Tanaman ini kaya akan vitamin A dan senyawa seperti bakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi singkong dapat mencegah mata buram.

4. Cegah kanker 

Penyakit kanker diawali dengan rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam singkong mampu menghalau serangan radikal bebas sehingga kerusakan sel tubuh bisa dicegah.

5. Obati penyakit rheumatik 

Kandungan magnesiumnya yang tinggi bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh sehingga mampu meredakan penyakit rheumatik dan beberapa penyakit yang berkaitan dengan otot serta sendi.

6. Kuatkan tulang  

Senyawa yang terkandung dalam singkong seperti kalsium, magnesium, fosfor dan kalium dapat membantu pembentukan tulang. Magnesium dapat mengasimilasi kalsium kedalam tulang dan berperan mengaktifkan Vitamin D ke dalam ginjal. Fosfor bersama kalium membantu membangun tulang, sedang kalium mampu mencegah osteoporosis.

7. Melembutkan dan cerahkan kulit 

Kulit singkong bisa dimanfaatkan untuk kelembutan dan mencerahkan kulit. Cukup dengan menghaluskan kulit singkong dan buatlah menjadi scrub wajah. (sari)

Tinggalkan Balasan