Waspadai Dehidrasi Saat Musim Penghujan

0
Gambar ilustrasi

5NEWS.CO.ID,- Pada musim penghujan udara dingin lebih terasa menusuk dibanding ketika musim kemarau, hal itu membuat tubuh sulit untuk berkeringat serta asupan mineral berkurang sehingga rentan mengakibatkan dehidrasi.

Saat udara dingin kita sering buang air kecil yang sebabkan simpanan air dalam tubuh berkurang, padahal tubuh tergantung pada air untuk bisa bertahan hidup. Setiap sel, organ dan jaringan memerlukan air agar bekerja lebih optimal.

Selain itu air juga digunakan untuk menjaga temperatur tubuh, membuang sisa metabolisme dan melumaskan sendi. Bagaimana ciri-ciri tubuh jika kekurangan air? Mari kita simak.

Kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi antara lain cuaca, aktifitas fisik dan usia. Secara umum wanita dewasa perlu mengkomsumsi air setidaknya 1,6 liter per hari, sedang untuk pria 2 liter per hari.

Salah satu tanda tubuh ketika kekurangan cairan adalah timbulnya rasa haus, namun sayang sinyal ini sering diabaikan bila udara dingin. Untuk mengetahui bila tubuh mulai dehidrasi atau tidak bisa mengamati warna urine.

Ketika air dalam tubuh tercukupi, urine akan berwarna kuning pucat. Semakin gelap warna urine itu tandanya cairan dalam tubuh tidak mencukupi. Ketika urine berwarna seperti teh pertanda tubuh mulai dehidrasi.

Umumnya orang tidak menyadari tubuh kekurangan sekitar 1-2 persen. Ketika penurunan air mencapai 3-4 persen mulailah terjadi perubahan fisik yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti meningkatnya detak jantung, suhu tubuh kurang stabil, sakit kepala, pusing, kelelahan, mengantuk dan mulut terasa kering.

Berikut tips tubuh tetap bugar disaat musim penghujan:

  1. Jaga pola makan

Pastikan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang  seperti mengkonsumsi karbohidrat yang komplek, sayur dan buah-buahan serta makanan yang mengandung probiotik (terdapat dalam tempe, keju dan yogurt).

2. Lakukan olah raga  

Saat musim penghujan hampir setiap orang menjadi mager atau malas gerak. Namun berolah raga pada musim penghujan justru akan membuat tubuh terasa segar dan menghilangkan rasa malas.

3. Konsumsi suplemen makanan

Ketika tubuh kurang fit tidak salah bila kita mengkonsumsi suplemen makanan agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi, serta dapat meningkatkan sistem imun.

4. Kelola stres dengan baik 

Pekerjaan menjadi terhambat atau terganggu saat musim penghujan datang. Ketika stres datang tubuh mengeluarkan hormon koruisol yang beredar didalam aliran darah sehingga daya tahan tubuh dapat menurun dan rentan terhadap penyakit. (sari)

Tinggalkan Balasan