Miliki Penyakit Tertentu Tidak Disarankan Konsumsi Obat Herbal

0

5NEWS.CO.ID,- Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan dan nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif bermanfaat untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal.

Obat herbal bersifat organik atau alami dimana saripatinya diambil untuk pengobatan tanpa ada bahan campuran kimia dan hewan. Biasanya obat herbal berasal dari tanaman atau tumbuhan seperti jahe, temulawak, kunyit, ginseng dan lainnya.

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memilki kekayaan tumbuhan melimpah. Nenek moyang kita sejak dulu menggunakan tanaman herbal sebagai obat tradisional.

Pada dasarnya obat tradisional atau herbal yang beredar di Indonesia aman untuk dikonsumsi, dengan catatan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI. Obat herbal dikelompokan dalam dua jenis, yaitu herbal tradisional dan nontradisional.

– Herbal tradisional 

Dikenal dengan sebutan jamu, dimana bahan-bahannya sudah digunakan sejak turun temurun dan merupakan resep warisan budaya bangsa Indonesia.

– Herbal nontradisional 

Kandungan dalam obat ini tidak ada dalam sejarah pengobatan tradisional nenek moyang Indonesia atau tidak turun temurun, namun berpotensi banyak manfaatnya bagi tubuh.

Obat herbal memiliki kandungan dan cara kerja sangat kompleks. Meski secara umum dianggap alami, namun bukan berarti sepenuhnya aman. Cara kerja obat herbal berbeda dengan obat-obatan medis. Pengobatan medis bertujuan obati penyakit secara spesifik, sedangkan herbal berperan dalam proses pemulihan tubuh.

Tips aman mengkonsumsi obat herbal

Sebagian besar bahan dasar alaminya yang dijadikan obat memang aman untuk dikonsumsi, namun juga berpotensi menimbilkan efek samping baik ringan maupun berat bagi tubuh. Berilut tips aman mengkonsumsi obat herbal adalah:

– Pastikan membeli produk yang telah terdaftar di BPOM RI.

– Jangan lupa cek tanggak kedaluwarsanya.

– Ikuti semua petunjuk pemakaian dan beserta dosis yang tercantum dalam kemasan

– Hubungi layanan konsumen produk tersebut jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai produk tersebut.

– Sebelum mengkonsumsinya konsultasikan dulu dengan dokter.

Obat herbal tidak dapat di konsumsi pada semua orang, pada kondisi tertentu harus berhati-hati dalam  pemakaiannya. Seperti:

– Ibu hamil dan menyusui

Jika ibu hamil mengkonsumsi obat herbal akan berpengaruh pada kondisi janin hingga berakibat keguguran, bayi prematur atau terlahir cacat.

– Orang yang akan menjalani operasi

Sebagian obat herbal bisa memperlambat pembekuan darah atau mengencerkannya, akan berdampak buruk jika obat herbal dikonsumsi sebelum menjalani operasi. Contohnya ginkgo biloba, sebaiknya dihentikan konsumsi obat ini dua minggu sebelum menjalani operasi.

– Memiliki penyakit tertentu

Obat herbal dimaksudkan memberi manfaat yang baik bagi tubuh, namun bisa juga memperburuk kondisi penyakit seseorang, Contohnya herbal sambiloto dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita autonium.

– Sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu 

Obat herbal akan menimbulkan efek samping serius jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat medis. Seperti penurun tekanan darah, pengencer darah dan obat diabetes. (sari)

Tinggalkan Balasan