Waspadai Gejala Baru Terinfeksi Covid-19

0

5NEWS.CO.ID,- Tanda-tanda gejala Covid-19 terbaru kini semakin banyak diketahui. Biasanya secara umum penderita mengalami demam, batuk, hingga sesak nafas. Namun kini berbagai keluhan seperti cegukan, gangguan penciuman dan rasa juga susah tidur (Insomnia) bisa jadi gejala baru kasus terinfeksi virus corona. 

Dikutip dari laman Expres, sebuah studi menemukan bahwa cegukan yang terus menerus bisa di identifikasikan gejala Covid-19 yang langka dan tidak biasa. Diamati di sebuah klinik, seorang pasien mengalami cegukan selama 72 jam. Dari hasil tes darah dan paru-paru penderita menunjukkan adanya infeksi di paru-paru serta jumlah sel darah putih berkurang, ia dinyatakan positif Covid-19.

Pada Januari 2020 sebuah riset mengungkapkan bahwa pasien positif corona pertama kali di Wuhan mengalami gejala susah tidur. Selain yang disebutkan diatas ada beberapa lagi gejala virus baru corona yang perlu diwaspadai adalah:

1. Sakit Mata 

Belum lama ini sebuah studi dari Anglia Ruskin University (ARU) Inggris menemukan sebanyak 18 persen pasien corona mengalami fotobia ( sensitivitas cahaya) sebagai salah satu gejalanya. Dari 83 responden, 81 persen melaporkan masalah mata dalam dua minggu setelah gejala covid-19 lainnya muncul.

2. Delirium 

Merupakan gejala mental yang membuat penderita mengalami kebingunan berat dan kesadaran yang berkurang akibat terganggunya sistem syaraf pusat.

3. Kelelahan 

Adalah salah satu gejala baru dari virus corona yang mampu bertahan lama setelah seseorang terinfeksi. Sebuah studi yang diterbitkn di JAMA ( Journal of the American Medical Association) sebanyak 53 persn penderita Covid-19 mengalami kelelahan selama 60 hari setelah pertama kali mengalami gejala Covid-19.

4. Masalah pencernaan 

Pasien yang menderita Covid-19 akan mengalami masalah pencernaan, terutama diare dan muntah-muntah.

5. Ruam kulit

Dokter Kulit Dr. dr. I Gusti Nyoman Dharmaputra, SPKK (K), FINSDV, FAADV mengatakan infeksi virus corona bisa menyebabkan ruam kulit. Namun cenderung bersifat ringan dan tidak berisiko fatal.

6. Nyeri otot

Sekitar 44,8 persen relawan yang berpartisipasi mengalami nyeri otot akibat Covid-19. Hal ini disebabkan adanya peradangan yang terjadi didalam tubuh akibat terinfeksi virus corona. Pasien yang sudah sembuh bisa mengalami nyeri otot.

7. Parosmia 

Parosmia adalah gejala baru dari penderita Covid-19 dimana indra penciumannya terganggu (halusinasi penciuman). Misal bau harum tercium busuk. (sari)

Komentar