Tiga Titik Pijatan, Efektif Atasi Gangguan Pernafasan

0
Gambar ilustrasi.

5NEWS.CO.ID,- Sesak nafas merupakan suatu keadaan dimana mengalami kesulitan untuk bernafas, karena fungsi alat pernafasan dalam tubuh kurang bagus. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga, dimana oksigen yang diperlukan tubuh sangatlah kurang.

Banyak orang dapat mengalami sesak nafas yang dipicu adanya penyakit seperti asma, pilek, alergi, infeksi pada saluran pernafasan, anemia,  kehamilan, sinusitas, tekanan darah rendah, patah tulang rusuk, keracunan karbonmonoksida, kanker paru-paru, jantung, emboli paru dan penyakit paru obstrutif kronik (PPOK).

Bila mengalami gangguan pernafasan sebaiknya lakukan terapi dengan memijit (akupresur) di titik-titik khusus.

Berikut ada tiga titik yang harus dipijat, yaitu:

1. Belakang leher

Pegang bagian belakang leher, sentuh area perbatasan antara leher dengan pundak. Tepat bagian belakang pada leher beri pijatan sebanyak 30 kali tekanan. Lebih baik dibagi menjadi 10 tekanan sebanyak tiga kali.

2. Dada 

Dibagian tengah dada yang sejajar dengan puting susu, tekan bagian tersebut sebanyak 30 tekanan.

3. Kaki 

Lokasi yang terletak pada pertengahan antara tulang tempurung lutut dengan mata kaki luar, bisa ditepuk-tepuk atau memberikan pijatan dibagian tersebut.

Selain itu lama terapi tergantung seberapa parah penyakit yang diderita, jika masih dalam tahap gejala biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasakan minum air putih sehabis diterapi. (sari)

Komentar