Kandungan Tanaman Herbal yang Bisa Cegah Corona

0
Gambar ilustrasi.

5NEWS.CO.ID,- Virus corona semakin merajalela, belum bisa diprediksi kapan berhentinya. Berbagai macam cara dilakukan agar terhindar dari virus tersebut.

Namun belakangan ini masyarakat mulai sadar pentingnya mengonsumsi obat-obatan herbal atau jamu, mereka percaya dengan meminumnya daya tahan tubuh akan tetap optimal.

Adapun beberapa tanaman yang mampu tingkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan infeksi adalah:

1. Daun Kelor

Mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dapat menghambat perkembangan mikroorganisme atau potagen penyebab penyakit dalam tubuh.

2. Jahe Merah 

Dipercaya ampuh dalam melegakan tenggorokan dan sistem pernafasan. Beberapa kandungan dalam jahe merah ampuh memperkuat sistem kekebalan tubuh, senyawa aktif gingeol bisa mencegah virus corona.

3. Temulawak

Penampilan dan peran yang hampir sama dengan kunyit yaitu dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu mencegah tubuh terserang virus dan penyakit lainnya.

4. Kencur 

Tanaman herbal yang satu ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mampu membantu sistem pernafasan. Selain itu kencur dapat meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

5. Kunyit

Kunyit atau kunir biasa dijadikan sebagai bahan pewarna alami dalam pembuatan makanan, namun kunyit mengandung tinggi antioksidan dan kurkumin. Bukan hanya itu saja kunyit mampu meningkatkan daya tubuh guna mencegah virus corona.

6. Cengkeh 

Bagian dari bumbu dapur ini ternyata dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuncup bunganya mengandung senyawa yang mampu meningkatkan jumlah sel darah serta ampuh membersihkan darah racun berbahaya dalam tubuh.

7. Jinten Hitam 

Jinten hitam memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Kayu Manis

Selama ribuan tahun nenek moyang mengkonsumsi kayu manis untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung didalamnya mampu menjaga daya tahan tubuh. Kayu manis baiknya juga untuk mengurangi penyakit jantung dan memiliki efek anti  diabetes.

Berdasar dari hasil skrining aktivitas ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait mekanisme kerja virus SARS-COV-2, terdapat beberapa senyawa yang mampu menghambat dan mencegah virus corona. Yaitu senyawa hesperidin, rhamnetin, kaempferol, quercetin dan myceretin.

Menurut hasil penelitian senyawa-senyawa tersebut sama halnya dengan obat dokter, namun bahan-bahan herbal diatas bila dikonsumsi dapat menimbulkan rekasi alergi pada sebagian orang, kasus tersebut jarang terjadi. (sari).

Tinggalkan Balasan