Gejala Awal Terinfeksi Positif Covid-19 yang Perlu Diketahui

0
Gambar ilustrasi.

5NEWS.CO.ID,- Covid-19 merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan manusia, adapun gejala awal penyebab penyakit ini ringan.

Gejala ini bisa menjadi baik atau memburuk tergantung keadaan sistem umum penderita. Hal ini menyebabkan gejala yang timbul bisa bervariasi.

Gejala

Adapun gejala infeksi virus corona pada minggu pertama akan muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terpapar. Namun kebanyakan penderita Covid-19 merasakannya antara 11-12 hari.

Pada minggu pertama biasanya mengalami gejala ringan yaitu demam kurang lebih 38 derajat celcius, kelelahan atau lemas, batuk tidak berdahak, pegal-pegal, tidak nafsu makan dan hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium aroma (anosmia).

Selain gejala yang ditimbulkan seperti diatas ada yang lain adalah rasa tidak nyaman dalam perut, mual dan diare, namun tanda-tanda ini tidak khas dan jarang terjadi. Pada anak-anak biasanya cenderung mengalami gejala perut dan perubahan kulit.

Cara penanganannya

Pada sebagian orang terinfeksi virus corona ini tanpa menimbulkan gejala (asimtomatik) namun tetap berpotensi menular pada orang lain. Untuk itu agar diketahui terinfeksi maupun tidak sebaiknya melakukan tes di laboratorium.

Dari hasil laboratorium bila pasien positif terinfeksi Covid-19, selanjutnya menjalankan aturan sesuai yang sudah ditetapkan, antara lain:

1. Isolasi Diri

Setelah hasil test menyatakan terinfeksi positif virus corona sebaiknya penderita mengisolasikan diri demi menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Dibutuhkan waktu 14 hari untuk dinyatakan benar-benar terbebas dari Covid-19.

2. Pastikan ulang isolasi diri 

Jika seseorang tidak memiliki gejala saat di tes tetapi mengalami gejala selama masa isolasi, maka orang tersebut harus kembali menjalani waktu isolasinya seperti yang diarahkan oleh otoritas kesehatan masyarakat setempat.

3. Memantau dan mengobati sendiri perkembangan penyakit 

Apabila ada tanda-tanda terinfeksi muncul pada orang yang terjangkit, sebaiknya harus memantau sendiri perubahan apapun pada dirinya dan berkonsultasi dengan otoritas kesehatan setempat. Para petugas akan membantu meringankan gejala dan melakukan perawatan.

4. Obat corona 

Penderita Covid-19 yang dirawat di rumah sakit membutuhkan alat bantu pernafasan (ventilator) namun dapat diobati dengan Dexamethason. Sementara Remdesivir juga bisa digunakan. Keduanya dipakai untuk obat dan harus pengawasan dari dokter. (sari)

Tinggalkan Balasan