Hari Pangan Sedunia 2020 Ajak Masyarakat untuk Tanam, Pelihara dan Lestarikan Bersama

0

5NEWS.CO.ID,- Hari Pangan Sedunia atau World Food Day didirikan oleh negara-negara yang terkabung dalam Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO ) pada konferensi umum ke-20 tahun 1979 di Roma, diperingati setiap 16 oktober. Dr Pai Romany adalah pencetus gagasan tersebut, ia merupakan Menteri Pertanian dan Pangan dari Honggaria.

Sejak tahun 1981 Hari Pangan Sedunia mengadopsi tema pada perayaan tiap tahunnya dengan tujuan menekankan pada bagian penting dari dunia pangan yang memerlukan perhatian khusus.

Pada tahun 2020 mengangkat tema “Tanam, Pelihara dan Lestarikan Bersama” artinya masyarakat diharuskan untuk menanam guna menghasilkan gizi dan melestarikan ekologi. Apalagi di masa pandemi seperti ini asupan makanan untuk stamina dan ketahanan tubuh sangat dibutuhkan.

Bercocok tanam adalah alternatif murah dan mudah untuk menyediakan dan mencukupi kebutuhan pangan skala kecil dalam keluarga dan komunitas. Kegiatan ini sungguh sangat memungkinkan ketika kita dipaksa tinggal dirumah karena Covid-19.

Hal ini salah satu untuk melawan virus corona yang merupakan krisis kesehatan global dimana terdampak pada kehidupan dan mata pencaharian masyarakat, perdagangan pangan global, pasar, rantai pasokan makanan dan ternak.

FAO percaya ini akan memungkinkan negara-negara untuk mengantisipasi dan mengurangi kemungkinan gangguan yang dipicu oleh pandemi, seperti dilansir dari situs resmi FAO. (sari)

Tinggalkan Balasan