Perjuangan Para Guru Ditengah Pandemi COVID-19, Tak Peduli Jarak Rumah

0
Perjuangan guru ditengah pandemi virus corona

5NEWS.CO.ID,- Hari Guru sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuannya untuk memberi dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.

Apalagi ditengah pandemi corona seperti sekarang, pemerintah menerapkan sistem pembelajaran secara online. Wabah Covid-19 yang masih merajalela menghambat kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Hal tersebut justru mendorong pemanfaatan teknologi informasi dalam aktifitas pembelajaran jarak jauh. Penerapan ini merupakan tantangan terberat bagi guru dan harus cepat beradaptasi.

Banyak kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran online. Seperti masalah kuota, sinyal yang sulit, siswa tidak miliki handphone (Hp) dan pemahaman terhadap materi mata pelajaran.

Namun perjuangan guru ditengah pandemi Covid-19 ini sungguh luar biasa. Seperti yang terjadi di daerah Blora, Jawa Tengah salah satu guru rela mendatangi murid-muridnya secara door to door. Hal ini dilakukan karena keinginannya untuk memajukan anak didik yang terkendala dengan fasilitas kecanggihan teknologi atau hp pada bulan Juli 2020 lalu.

Kemudian ada guru Susilawati berasal dari Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mengajar dengan menggunakan nampan alumunium sebagai pengganti papan tulis untuk mengajar muridnya. Tujuannya agar sang murid lebih paham dengan pelajarannya. Ia mengaku mengunjungi rumah murid-muridnya setiap hari.

Tidak hanya mereka saja, seluruh guru di penjuru dunia juga menggunakan metode dan tehnik bagaimana caranya agar siswa-siswinya mengerti dan memahami pelajaran yang mereka ajarkan. Mereka tidak peduli dengan jarak rumah.

Semua guru tidak menginginkan murid-muridnya ketinggalan pelajaran. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa. “Selamat Hari Guru Sedunia, Kami Bangga dan Berterima Kasih Pada Perjuangan Kalian”. (sari)

Tinggalkan Balasan