Gejala Flu Biasa Hampir Mirip COVID-19, Ini Perbedaannya

0
Gambar ilustrasi

5NEWS.CO.ID,- Wabah virus corona yang melanda dunia menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Pasalnya infeksi tersebut menyerang sistem pernafasan, gejalanya hampir mirip dengan flu biasa namun bisa berakibat fatal. 

Flu biasa dan virus corona (Covid-19) sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernafasan manusia, namun keduanya berasal dari golongan yang berbeda.

Adapun perbedaan gejala flu biasa dengan gejala infeksi virus corona adalah:

Flu Biasa

Flu biasa terjadi ketika rhinovirus menyerang saluran pernafasan. Umumnya keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernafasan atas) dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat dan berair, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, batuk dan demam (jarang terjadi).

Gejala-gejala ini biasanya muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit. Flu biasa dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-9 hari. Semakin kuat daya tahan tubuh maka flu akan cepat sembuh.

Penderita flu disarankan untuk banyak istirahat, makan makanan bernutrisi dan minum air yang cukup. Biasanya dokter akan memberikan resep seperti Chlorpheniramine dan pseudoephedrine, paracetamol dan ibuprofen juga kombinasi antara chlorpheniramine, pseudoephedrine, paracetamol dan guaifenetin.

Virus Corona atau Covid-19

Sama seperti rhinovirus, virus corona juga menginfeksi saluran pernafasan. Orang yang menderita Covid-19 gejalanya hampir mirip dengan flu biasa.

Adapun gejala yang muncul antara lain demam tinggi, batuk, sesak nafas, gangguan pengecapan atau penciuman, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual dan muntah.

Kasus parah infeksi virus corona menyebabkan komplikasi yang serius seperti sindrom pernafasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru dan kegagalan fungsi organ tubuh, misal ginjal.

Pengobatan gejala Covid dapat diringankan dengan obat flu. Namun tetap disarankan untuk melakukan isolasi  mandiri guna mencegah penularan virus ke orang lain.

Untuk meminimalkan risiko terkena  infeksi corona disarankan:

  1. Mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.
  2. Menggunakan masker tiap beraktivitas dl luar ruangan atau di tempat umum.
  3. Memperbanyak minum air putiih.
  4. Beristirahat yang cukup.
  5. Tidak menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan kotor.
  6. Menghindari kontak dengan orang yang sedang batuk dan demam.

Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas dan tidak sembuh dalam waktu 1 minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter.(sari)

Tinggalkan Balasan