Jeruk Lemon, Si Kuning yang Sifat Asamnya Dapat Mematikan Bakteri dan Virus

0

Buah jeruk lemon

5NEWS.CO.ID,- Jeruk lemon adalah sejenis jeruk yang biasanya digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni dunia boga. Tanaman ini biasanya banyak ditemukan di wilayah yang beriklim tropis dan sub tropis.

Buah ini bisa digunakan untuk menyehatkan rambut sekaligus membuat kulit nampak terlihat halus dan bercahaya. Nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, niasin, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E.

Konsumsilah jeruk lemon pada pagi hari saat bangun tidur, seduhlah dengan air hangat. Rendamlah irisan tipis jeruk ini beserta kulitnya di dalam segelas air. Gunanya agar senyawa flavonoidnya semakin tinggi. Perlu diingat mengkonsumsi air jeruk setiap hari ternyata bisa membuat enamel gigi menipis.

Dibawah ini beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

  1. Mengatasi Jerawat 

Irislah jeruk ini menjadi beberapa bagian kemudian gosoklah pada bagian wajah yang timbul jerawat, biarkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

2. Mencegah Kanker 

Di dalam kandungan  buah lemon terdapat 22 senyawa anti kanker, seperti limonin yang dikenal ampuh dalam memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Selain itu kandungan flavonol glikosida bagus untuk menghentikan pembelahan dari sel kanker.

3. Mengandung sifat anti bakteri 

Sifat asam yang dimilikinya dapat mematikan bakteri serta virus.  Sedangkan sifat anti bakterinya dapat membunuh bakteri dan virus. Konsumsilah jeruk lemon saat sedang sakit tenggorokan maupun perut.

4. Meningkatkan produksi sel darah putih 

Kandungan Vitamin C nya cukup tinggi sehingga meningkatkan sel produksi darah putih yang baik menjaga kekebalan tubuh. Selain itu mampu melindungi sel dari terjadinya kerusakan oksitatif.

5. Mengatasi gangguan percernaan

Konsumsilah jeruk lemon agar tidak terjadi gangguan pencernaan dan sembelit serta terhindar dari sakit perut.

6. Menghindari masalah tekanan darah 

Jika dikonsumsi secara teratur mampu mengurangi tekanan darah seperti mual dan pusing, juga bagus untuk menenangkan tubuh dan mengurangi depresi.

7. Menurunkan berat badan

Bagi yang memiliki tubuh kurang ideal konsumsilah jeruk lemon secara teratur. Kandungan zat pektin dapat membuat perut terasa kenyang dan bagus untuk menghidrasi tubuh.

8. Mengatasi kemunculan Stretch Marks

Sifat asamnya dapat meringankan kulit serta mengelupaskan sel kulit yang telah mati. Selain itu dapat memproduksi kulit yang baru, seperti  Stretch Marks yang  merupakan guratan dengan warna putih terkadang kemerahan yang muncul dibeberapa bagian tubuh, atasilah dengan mengoleskan dibagian yang ada guratan Strech Marksnya.

9. Meremajakan kulit

Konsumsilah buah ini secara teratur agar bisa mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan.

10. Mengatasi komedo

Kandungan sitratnya bagus untuk mengurangi produksi minyak secara berlebihan yang mengakibatkan kemunculan komedo hitam dan putih. (sari)

Tinggalkan Balasan