Bunga Telang, Si Biru nan Cantik yang Sangat Istimewa

0

5NEWS.CO.ID,- Bunga telang adalah tanaman hias yang merambat, biasanya ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan ini banyak tersebar di daerah tropika dan masuk suku polong-polongan.

Nama latin dari bunga telang yaitu Clitoria Ternatea, bentuknya seperti kupu-kupu serta berwarna biru keungguan. Keistimewaan dari bunga telang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Hanya dengan cara mengeringkan bunga dan menyeduhnya seperti teh, kita bisa merasakan manfaatnya.  

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya ingat

Ekstrak bunganya terbukti dapat meningkatkan kadar asetilkolin. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

Jika dikonsumsi dengan aktivitas yoga hasilnya sangat memuaskan dapat mengatasi kecemasan.

3. Meringankan depresi

Asam linolenat dan asam palmitat yang terdapat pada bunga telang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan memiliki sifat neuroprotektif (melindungi saraf dari sistem kerusakan). Sedangkan asam palmitat mamiliki sifat antioksidan dan sifat antidepresi.

4. Mengandung antioksidan

Ekstrak metanol yang terkandung dalam bunga telang sangat berpotensi  untuk menjadi sumber antioksidan. Menurut penelitian, bunga ini bisa mencegah atau memperlambat penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah kondisi yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ seiring waktu.

5. Menyembuhkan luka 

Ekstrak bijinya mengandung flavonol glikosida yang efektif dapat menyembuhkan luka, dengan cara dioles.

6. Mengurangi peradangan 

Kandungan asam oleatnya mampu mengurangi peradangan dan memiliki efek positif serta mengurangi risiko terkena kanker.

7. Menyehatkan jantung 

Dapat mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia) dan memicu kesehatan jantung. Selain itu menurunkan kadar trigliserida yang cukup signifikan dan mampu mengurangi kolesterol total serta gula darah. Kolesterol baik (HDL) mengalami peningkatan.

8. Pereda batuk dan sakit kepala

Kandungan bunga ini ampuh mengatasi batuk dan sakit kepala. (sari)

Komentar