Pisang, Buah Kaya Akan Kandungan Vitamin dan Mineral Serta Mudah Dicerna

0

5NEWS.CO.ID,- Pisang merupakan buah-buahan yang sering dijumpai di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia. Buah ini kaya akan kandungn vitamin dan mineral yang penting seperti vitamin A, B kompleks, C,  kalium, kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium.

Adapun khasiat buah pisang bagi kesehatan tubuh adalah:

  1. Sumber energi 

Zat gula yang terkandung dalam buah pisang dapat diubah menjadi sumber tenaga secara cepat. Selain itu mudah dicerna dan bagus dalam pembentukan tubuh, kerja otot dan menghilangkan rasa lelah.

2. Baik untuk ibu hamil 

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah ini karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim.

3. Mengatasi anemia

Kandungan zat besinya yang tinggi dapat mengatasi anemia. Caranya konsumsilah buah pisang sehari 2 kali.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Keasaman lambung dan penyakit usus dapat dinetralkan dengan pisang yang telah dicampur dengan susu cair. Selain itu penyakit diare bisa diobati dengan mengkonsumsi pisang utuh atau krim pisang.

5. Baik bagi penderita liver 

Dianjurkan bagi penderita liver, untuk memakan 2 buah pisang yang dicampur dengan satu sendok madu, ini juga akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.

6. Manfaat bagi diabetes

Orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus sebaiknya mengkonsumsi pisang yang belum matang untuk di kukus yang telah campur dengan kelapa parut muda.

7. Mempercantik kulit

Buatlah bubur pisang yang dicampur dengan sedikit susu dan madu, oleskan ke wajah diamkan selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas pakai air dingin atau es. Lakukan setiap 15 hari sekali, hasilnya menajubkan untuk kulit.

8. Mengontrol berat badan

Pisang mempunyai peran penting untuk menurunkan berat badan, konsumsilah 4 buah pisang dan 4 gelas susu non lemak  dengan memakan sedikitnya tiga hari dalam seminggu. Untuk menaikan berat badan konsumsilah banana milk shake yang dicampur dengan madu, buah-buahan, kacang dan mangga sesudah makan.

9. Mengatasi depresi

Kadar tryptophan yang tinggi yang kemudian diubah menjadi serotonin neurotransmitter mendapatkan suasana bahagia pada otak.

10. Mencegah kram otot

Kebanyakan para atlit mengkonsumsi pisang secara rutin guna melindungi diri dari kram otot dan kaki selama latihan.

11. Menurunkan hipertensi 

Pisang mempunyai kandungan tinggi kalsium dan rendah garam, diakui oleh FDA mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari serangan jantung juga stroke.

12. Meredakan sakit maag

Pisang adalah satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi secara distres untuk meredakan sakit maag dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif. (sari)

Tinggalkan Balasan