Berdasar Gejala yang Dirasa, Ditemukan 6 Tipe COVID-19

0

5NEWS.CO.ID,- Beberapa waktu lalu Ilmuwan dari Tim King’s College, Inggris menemukan  ada 6 tipe COVID-19 berdasarkan gejala yang dirasakan oleh orang yang terpapar virus corona. Keenamnya berkorelasi dengan tingkat keparahan infeksi pada pasien.

Pengelompokan tipe COVID-19 ini dapat membantu dokter memprediksi pasien mana yang paling berisiko dan membutuhkan alat bantu pernapasan seperti oksigen serta ventilator di rumah sakit.

Batuk, demam dan kehilangan bau  merupakan tiga dari tanda utama COVID-19 yang sering disorot. Tidak hanya itu sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, diare, kebingungan, kehilangan nafsu makan, dan sesak napas termasuk gejala-gejala lain dari terinfeksi virus corona.

Kebanyakan beberapa pasien Covid-19 memiliki gejala ringan seperti batuk, flu atau ruam, sementara lainnya memiliki gejala akut dan berisiko meninggal.

Riset yang terbitkan pada Jumat (17/7/2020) lalu dan belum peer-review (belum ditelaah rekan sejawat) tersebut mengelompokkan enam jenis Covid-19 adalah:

  1. Gastrointestinal

Gejala ini tidak ada batuknya hanya sakit kepala, diare, sakit tenggorokan, sakit dada, kehilangan kemampuan mencium bau, dan kehilangan nafsu makan.

2. Mirip flu tanpa demam

Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri otot, batuk, dan tanpa demam, sakit dada, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan kemampuan mencium bau.

3. Mirip flu dengan demam

Gejalanya seperti sakit kepala, kehilangan bau, batuk, sakit tenggorokan, suara serak, kehilangan nafsu makan.

4. Kelelahan (fatigue)

Gejalanya kelelahan, nyeri dada, sakit kepala, kehilangan kemampuan mencium bau, batuk, demam, suara serak, dan kelelahan.

5. Kebingungan (confusion)

Gejala yang ditimbulkan adalah sakit kepala, kehilangan kemampuan mencium bau, kehilangan nafsu makan, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, kelelahan, nyeri otot, dan kebingungan.

6. Perut dan pernapasan

Adapaun gejalanya  sakit kepala, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, kelelahan, kebingungan, nyeri otot, sesak napas, diare, dan sakit perut. kehilangan bau, kehilangan nafsu makan. (dwi)

Komentar