Mengurai Penemuan Terracotta Army Di China (13): Great Wall (Tamat)

0




Great Wall, pembangunannya menyimpan ribuan kisah duka

5NEWS.CO.ID,- Diriwayatkan, rekonstruksi Tembok Raksasa mayoritas digeber pada masa Dinasti Qin, Han dan Ming. Sementara wujud penampakan yang dapat dinikmati saat ini, sebagian besar buah modifikasi era Dinasti Ming.

Great Wall merupakan struktur terpanjang yang pernah dibangun dalam sejarah umat manusia. Berkelok, menurun, menaiki bukit. Memiliki tinggi 23 – 26 kaki. Lebar bagian bawah 8 dan atas 5 meter. Didirikan pos pemantau setinggi 11 – 12 meter dalam rentang per 120 – 270 meter.

Pembangunannya dengan sistem kerja paksa. Letak geografis di atas perbukitan yang terjal dan curam, berujung maut. Banyak pekerja menjadi tumbal proyek ambisius! Disebutkan, mereka dikubur dalam area benteng. Tersimpan ribuan kisah duka. Hanya menyisakan sedikit sekali persentase kejayaan dibaliknya!

Sama halnya dengan Terracotta Army yang ditasbihkan pada dekade 80-an. Benteng pertahanan dari peradaban Tiongkok kuno tersebut, juga ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1987.

ABC News mengutip dari Badan Warisan Budaya China, SACH (The State Administration of Culture Heritage), bahwa Tembok Raksasa itu memiliki panjang 21.196,18 kilometer! Tegak, menerjang 15 Provinsi atau wilayah di bagian Utara. Heilongjiang, Jilin, Liaoning, Mongolia Dalam, Beijing, Tianjin, Hebei, Shandong, Henan, Shanxi, Shaanxi, Gansu, Ningxia, Qinghai dan Xinjiang.

Disebutkan, lembaga pemerintah itu telah meneliti selama 5 tahun, yakni pada 2007 – 2012. Melibatkan para Arkeolog dan pakar Pemetaan dari 15 Provinsi. Sebagai bukti pendukung, mereka menemukan 43.721 situs terkait Great Wall.

Kantor berita Xinhua melaporkan, pada tahun 2015, SACH berencana menyusun aturan khusus untuk melindungi tembok China. Dengan mendirikan sistem pemantau demi menjamin pelestarian warisan budaya secara efektif dikelola oleh negara. (h@n)

Komentar