Mengurai Penemuan Terracotta Army Di China (5): Perunggu, Perak dan Emas

0




Kereta Kuda Pertama berbahan perunggu dipamerkan dalam Ruang Khusus

5NEWS.CO.ID,- Pada Desember 1980, armada perang berupa dua kereta, kusir dan sejumlah kuda kembali ditemukan. Mayoritas terbuat dari perunggu. Sisanya berupa perak dan emas. Adapun lokasi penemuan berjarak 20 meter di sebelah barat kompleks makam Kaisar Pertama Qin Shi Huang, distrik Lintong, kota Xi’an, Provinsi Shaanxi.

Saat ditemukan dalam keadaan hancur, tercecer dengan jumlah sekitar 1.000 keping. Diperlukan perajin-perajin khusus untuk kembali merangkainya. Dikabarkan, butuh waktu restorasi 8 tahun, hingga dapat dilihat rapi tersusun seperti sekarang ini.

Temuan tersebut adalah yang terbesar di dunia terkait peninggalan perunggu kuno.
Memiliki separuh dari ukuran asli dan menyerupai replika. Dua moda transportasi tersebut dipamerkan dalam “Ruang Khusus”.

Kereta Pertama dengan model terbuka. Sebagai pembuka jalan dan pengamanan. Dibuat dari perunggu. Dikendalikan seorang kusir dengan payung besar diatasnya. Ditarik 4 ekor kuda.

Kereta Kedua dengan model tertutup. Seorang Kusir, 4 kuda sebagai pengendali dan penggerak. Terbuat dari perunggu dikombinasikan dengan komponen perak serta emas! Berhiaskan seni ukir logam yang menawan pada kabin. Merupakan kendaraan super mewah “Sang Raja”. Ia mempunyai berat total 2.032 kg!

Adapun 1 unit kereta kuda mempunyai panjang 3,17 meter dengan tinggi 1,06 meter. Sementara tiap kuda memiliki tinggi bervariasi, antara 65 – 67 cm dan panjang 120 cm.

Pada tahun 2010 lalu, kedua “kereta kuda” tersebut diperlihatkan di Shanghai Expo dalam gedung Paviliun China. Ia merupakan salah satu dari 64 artefak terprotektif yang dilarang dipamerkan di luar Tiongkok. (h@n)

Tinggalkan Balasan