Mengurai Penemuan Terracotta Army Di China (4): Wajah dan Rambut

0




Tentara terakota tak satupun memiliki wajah serupa

5NEWS.CO.ID,- Ribuan karakter tersebut tak satupun memiliki profil serupa. Sangat indah, detail, sempurna dan hidup. Citarasa seniman brilian. Tiada duanya di muka bumi. Diperkirakan, merekalah “wajah dan fisik sesungguhnya” dari pasukan tempur.

Pit 2
Tersedia 4 unit ruang. Membentang 94 meter dari Timur ke Barat. Dan 84 meter dari Utara ke Selatan. Dengan kedalaman lubang 5 meter.

Unit pertama: diisi tim pemanah dengan posisi berlutut dan berdiri.
Unit kedua: laskar kereta kuda.
Unit ketiga: prajurit infanteri dan tentara kereta berkuda.
Unit keempat: pasukan berkuda sambil memegang berbagai senjata.
Ke-4 unit tersebut membentuk formasi barisan berlapis yang ketat dan rapat.

Pit 3
Berupa pos komando. Memiliki ukuran terkecil, 17 × 21 meter. Hanya diisi 68 “loyalis” terakota. Sebagian kecil tanpa kepala. Mereka berpangkat tinggi dan menduduki jabatan penting di kesatuannya. Hal itu tampak dari atribut yang dikenakan.

Deskripisi bentuk wajah arca terakota sangat khas. Hal itu telah memenuhi 8 unsur masyarakat Tiongkok (Mù, guó, yòng, jiă, tián, yóu, shēn dan fēng). Adapun tatanan rambut juga merefleksikan status sosial dan kedudukan di kesatuannya.

Terbagi dalam dua jenis style rambut. Pertama: model sanggul di atas kepala agak kekanan.

Kedua: rambut dikepang dan digelung di bagian atas kepala. Lalu ditutup topi kain. Disertai bando, pita atau pin sebagai penahan.

Kepangkatan ksatria terakota teridentifikasi dari seragam yang dipakai. Terdapat seorang Jenderal di Pit 1 dan dua Jenderal di Pit 2. Hal tersebut terungkap dari jubah 2 lapis yang dikenakan. Tameng baja juga terpasang di zirah sebagai pelindung di bagian dada, punggung dan bahu. Adapun alas kaki berupa sepatu ringan dengan ujung persegi membentuk kurva ke atas. (h@n)





Tinggalkan Balasan