Hati-Hati Dengan Hand Sanitizer Palsu

0

5NEWS.CO.ID, – Sejak diumumkannya dua warga positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia, muncullah fenomena panic buying. Dimana sejumlah orang memborong sembako ditengah kepanikan.

Salah satunya adalah Hand Sanitizer, yang dipercaya mampu mencegah penyebaran virus corona. Namun ditengah pendemi corona beberapa oknum pedagang memanfaatkan moment tersebut, dengan menjual Hand Sanitizer palsu.

Berdasarkan penjelasan dari Pusat Disease Control and Prevention (CDC) bahwa Hand Sanitizer yang digunakan minimal mengandung alkohol 60 persen guna mengatasi kuman, bakteri dan virus yang ada di tangan.

Sementara dipasaran banyak beredar hand sanitizer palsu yang tidak sesuai dengan standar WHO.  Harganya relatif mahal dan menimbulkan efek samping. Seperti timbul rasa gatal, panas dan kering pada kulit yang sensitif, kulit mudah terbakar dibawah sinar matahari dan tubuh rentan terhadap infeksi, sehingga merugikan banyak orang.  

Pihak Antis Antiseptik (Enesis Group) bekerjasama dengan kepolisian menelusuri pemalsuan produk tersebut dan akan menindak tegas pelaku sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. (sari).

Komentar