Golongan Darah A Rentan Terinfeksi COVID-19

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Merebaknya virus corona jenis baru atau COVID-19 membuat para ilmuwan gencar melakukan penelitian.

Peneliti Tiongkok mengambil sampel darah sebanyak 2000 pasien. Hasilnya ditemukan bahwa pasien yang bergolongan darah A memiliki tingkat infeksi dan gejala yang lebih parah.

Menurut salah satu peneliti yang berasal dari Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan RS Zhongnan Universitas Wuhan, China  Wang Xinghuan menyarankan agar tenaga medis lebih memperhatikan atau memberikan pengawasan yang lebih ketat terhadap pasien yang bergolongan darah A.

Dari 206 pasien yang meninggal, 85 diantaranya bergolongan darah A. Jumlah tersebut lebih banyak 63 persen dibanding pasien yang bergolongan darah O yang hanya berjumlah 52 orang saja. Mengapa? Karena golongan darah O memiliki daya perlawanan lebih dibanding golongan darah A.

“Orang-orang golongan darah A mungkin perlu secara khusus memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi. Juga perlu menerima pengawasan yang lebih waspada dan perawatan yang agresif,” tulis Wang Xinghuan.

Sementara sebuah makalah yang diterbitkan pada 11 Maret di Medrxiv. org menyatakan golongan darah O memiliki risiko yang secara signifikan lebih rendah untuk tertular penyakit dibandingkan dengan golongan darah non-O.

Bukan berarti golongan darah lainnya jadi lebih santai dibanding golongan darah A. Tetap waspada jangan panik, jangan percaya informasi yang tak jelas kebenarannya dan lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menekan berkurangnya angka penularan. (sari)

Tinggalkan Balasan