Persiapan Etnis Tionghoa Jelang Imlek

0
Membersihkan dan menata altar di Klenteng.

5NEWS.CO.ID, – Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi masyarakat Tionghoa. Mereka merayakannya dengan berkumpul kembali bersama keluarga. Berbagai macam hidangan mereka sajikan. Seperti kue keranjang, mie panjang umur, jeruk mandarin dan lainnya.

Sebelum perayaan Tahun Baru Imlek dimulai, beberapa pasar yang berlokasi dipecinan berjualan pernak-pernik imlek. Seperti kembang api, baju, mainan, hadiah dan kuliner khas Imlek.

Berbagai macam kegiatan menjelang imlek mereka kerjakan. Seperti menghias tempat ibadah atau Klenteng. Yang dihiasi dengan warna-warna indentik, yaitu merah dan kuning emas. Simbol merah artinya lambang kebahagiaan. Sedangkan kuning emas artinya keagungan. Mereka membenahi Klenteng dengan cara mengecat, menata altar, mengganti lampion, menyediakan lilin dan Hio untuk piranti sembahyangan.  

Selain itu untuk atraksi tarian tradisional Barongsai juga dipersiapkan. Tarian singa ini biasanya dipertontonkan pada acara-acara besar. Singa melambangkan kekuatan, kebijakan dan keunggulan. Binatang ini dipercaya sebagai lambang yang baik. Orang-orang yang membawakan tarian ini akan membawa keberuntungan dan dapat mengusir roh jahat.

Pemberian hadiah kepada kerabat dan sahabat merupakan kegiatan yang biasa dilakukan. Salah satunya adalah pemberian amplop yang berwarna merah atau lebih dikenal dengan sebutan Angpao. (end)

Tinggalkan Balasan