Perut Terasa Lapar Saat Turun Hujan Apa Sebabnya

0

5NEWS.CO.ID, – Kita sering merasakan pada saat hujan, tiba-tiba perut terasa lapar. Apa yang terjadi? Secara medis bisa dijelaskan, penyebabnya adalah pada saat musim hujan suhu udara otomatis menjadi dingin.

Perubahan cuaca ini membuat suhu tubuh menjadi menurun. Sebagai kompensasinya tubuh akan mencari cara untuk menambah panas, yaitu dengan makanan. Hal inilah yang menyebabkan perut menjadi tiba-tiba lapar saat turun hujan.

Pada saat kita mengkonsumsi makanan, tubuh akan mengubahnya menjadi sumber energi.  Energi inilah yang dapat digunakan kembali oleh tubuh untuk berbagai keperluan. Cuaca mendung ternyata dapat menurunkan kadar zat serotonin di dalam otak. Aktivitas makan dapat meningkatkan kadar zat serotonin.

Zat serotonin adalah suatu neurotransmiter monoamino yang disintesiskan pada neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat dan sel-sel enterokromafin dalam saluran pencernaan.

Selain itu musim hujan membuat tubuh menjadi dingin. Hal tersebut memicu tubuh untuk memperbanyak hidrasi atau mengkonsumsi air yang cukup. Misal dengan meminum minuman hangat. (end)

Tinggalkan Balasan