Atasi Keputihan dengan Daun Kemuning

0

 

5NEWS.CO.ID, – Kemuning atau sebutan ilmiahnya Murraya paniculata adalah tumbuhan dari famili Rutaceae yang tumbuh didaerah tropis dengan mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Sepintas daun tanaman ini seperti daun jeruk yang ukurannya kecil. Aroma bunga kemuning baunya sangat wangi, apalagi kalau pada malam hari, harumnya sangat menyengat sekali. Biasanya kemuning ditanam sebagai pagar pembatas kebun atau tanaman hias disekitar pekarangan.

Secara tradisional masyarakat Indonesia dan Filipina menggunakan daun kemuning untuk obat. Dari daun hingga akar kemuning banyak manfaatnya. Akarnya bermanfaat untuk menyembuhkan luka memar. Sedangkan kulit dan batangnya dapat untuk mengobati sakit gigi.

Sedangkan daun kemuning manfaatnya sangat banyak. Seperti :

1. Melembutkan kulit

Ambillah 30 gram daun kemuning, tumbuk halus, setelah itu beri air sebanyak 1 gelas aduk rata. Oleskan ke seluruh permukaan kulit secara merata sebelum tidur.

2. Memperlancar haid 

Petik daun kemuning ½ genggam, daun pacar kuku ½ genggam dan 1 ruas jari rimpang temulawak diiris tipis-tipis. Rebus jadi satu dengan ukuran air sebanyak 3 gelas hingga tersisa menjadi 1 gelas. Saring tiriskan. Minumlah sehari 2 kali sebanyak ½ gelas air.

3. Infeksi saluran kencing

Ambillah 35 gram daun kemuning, cuci bersih. Rebuslah dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah sehari 3 kali sebanyak ½ gelas.

4. Melangsingkan tubuh 

Tumbuklah secara halus daun kemuning dan daun mengkudu, masih-masih segenggam, serta temu giring dengan ukuran ½ ruas jari kelingking. Beri1cangkir air hangat, aduk. Kemudian saring. Minumlah sehari sekali setiap pagi sebelum makan.

5. Menyembuhkan sakit gigi

Gigi yang berlubang dapat disembuhkan dengan kulit batang kemuning.  Ambillah kulit batang kemuning, kemudian bakar hingga keluar minyaknya. Teteskan pada gigi yang berlubang.

6. Mengobati keputihan

Ambillah 7 tangkai daun kemuning, tumbuk hingga halus, beri air hangat sebanyak 62 ml, saring. Sebelum minum bisa ditambah dengan sedikit garam atau gula bisa juga dengan madu sesuai selera. Minumlah sehari sekali, selama 3 hari. Jika keputihannya parah minumlah sehari 2 kali selama 3 hari.

7. Menyembuhkan bisul 

Ambil akar kemuning yang sudah dicuci dan dikeringkan sebanyak 30 gram. Rebus  dengan 3 gelas air, didihkan hingga tersisa menjadi 1 gelas. Saring, minumlah sehari 2 kali sebanyak ½ gelas.

Semoga resep pengobatan yang kami sajikan ini berguna. (end)

Tinggalkan Balasan