Para Cakades di Pati Siap Bersaing

0

Pati 5NEWS.CO.ID, -Seiring tiba bulan Desember Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pati, saat ini tengah memasuki fase atau tahapan penetapan bakal calon menjadi calon. Sesuai dengan rencana awal, penetapan itu berlangsung mulai Senin (2/12/2019) hingga Rabu (4/12/2019) besok.

Salah satu yang telah menetapkan calon kades yakni pilkades pada Desa Sembaturagung, Kecamatan Jakenan. Panitia telah menetapkan dua bakal calon menjadi calon kepala desa terpilih .

Proses penetapan pun dilanjutkan dengan pengundian nomor serta deklarasi damai dari kedua belah pihak. Dalam deklarasi itu para calon kades menyatakan sportif untuk siap menang dan siap kalah dan mengikuti tahapan pemilihan dengan aman dan damai.

Ketua Panitia Pilkades Sembaturagung Petrus Sunyono mengatakan, ada dua calon kades, yakni nomor urut satu untuk Masduki serta nomor urut dua untuk Dwi Tantri Wurjayanti.

“Rencananya pada 7 Desember nanti kami akan mengadakan rakor dan rapat pleno penetapan daftar pemilik tetap (DPT). Barulah nanti pada 14 Desember panitia akan mengundang calon untuk menyampaikan paparan visi misi seklaigus awal dimulainya kampanye pada tanggal 14, 16 dan 17 Desember,” ujarnya.

Desa itu sendiri rencananya akan dibagi menjadi tiga wilayah pemilihan. Diperkirakan wilayah satu ada sebanyak 827 pemilih, wilayah dua 828 pemilih dan wilayah tiga 828 pemilih. Sedangkan dalam pemungutan suaranya akan difokuskan di balai desa dengan menyiapkan maksimal Sembilan bilik suara.

Kami ingin menuntaskan apa yang telah menjadi kendala serta permasalahan seperti kemiskinan maupun visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami ingin Desa Sembaturagung menjadi desa yang maju dan mandiri,” terangnya.

Langkah itu diakuinya akan dimulai dengan langkah membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga kedepannya bisa memberikan capaian pendapatan asli desa (PAD) yang cukup serta mumpuni dalam kesejahteraan ekonomi mandiri.(murianews.com/W@n)

Tinggalkan Balasan