Mata kinclong Dengan Air Jeruk nipis dan Sirih,Validkah?

0

Jakarta 5NEWS.CO.ID, – Di dalam perasan atau tetesan jeruk nipis dan rebusan air daun sirih dipercaya sangat banyak orang dapat membuat kesehatan organ mata menjadi lebih kinclong dan terang. Hal ini masih harus dibuktikan dan dikonsultasikan kepada ahlinya tentunya sudah banyak ujiklinis terkait hal itu tapi perlu diwaspadai gejala efek sampingnya sebelum mencoba lebih jauh .

dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC meluruskan hal tersebut. Ia menegaskan bahwa di semua produk tumbuhan dan tanaman tidak boleh diteteskan pada mata.”Gak boleh sama sekali. Tanaman itu mengandung beberapa spora jamur, jadi bisa menimbulkan gejala infeksi,” terangnya 

Dokter Tri menambahkan penjelasan bahwa meski daun sirih direbus, tetap tidak boleh digunakan untuk mata. Hal ini karena tumbuhan jamur tidak akan mati meski dengan perebusan.

Dokter Tri mengatakan infeksi jamur ini juga dapat berbahaya bagi mata. Bahkan, bisa sampai menimbulkan kebutaan.”Apalagi jeruk nipis itu kan sifat bentuknya asam, asam itu secara ilmiah menyerap air mata. dikutip dari detik.com (W@n)

Tinggalkan Balasan