Khasiat Daun Pisang yang Belum Banyak Diketahui

0

5NEWS.CO.ID, -Kebanyakan makanan tradisional yang sering kita jumpai, pembungkusnya masih menggunakan daun. Terutama daun pisang. Dari jaman nenek moyang sampai sekarang daun pisang masih dipertahankan.

 Kenapa harus daun pisang? Karena daun pisang banyak sekali manfaatnya. Antara lain :

  • Alami dan mempunyai nilai ekonomis. Daun pisang mudah terurai bila dibuang atau menjadi sampah. Selain itu daun pisang juga ramah lingkungan dari pada plastik. Dari sisi ekonomisnya daun pisang dapat kita jumpai dimana saja. Atau dipekarangan rumah kita sendiri. Alasannya karena kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan daun ini.
  • Lebar dan panjang. Dengan daunnya yang memiliki ukuran lebar dan panjang sehingga sangat cocok untuk pembungkus. Seperti untuk pembungkus nasi, pepes, lontong dan pembungkus lainnya.
  • Tidak mengandung racun kimiawi. Daun pisang aman untuk kesehatan dibandingkan dengan daun dari tanaman lain. Karena tidak mengandung getah pahit.  Selain itu tidak mengandung bakteri yang menbahayakan .
  • Memberikan rasa sedap. Senyawa polifenol yang terkandung didalamnya berperan sebagai antioksidan yang bisa berubah menjadi senyawa sehingga menambah rasa sedap pada makanan. Daun pisang diyakini memiliki antibakteria yang membuat makanan tidak cepat basi dan tidak cepat terkontaminasi.

Manfaat lainnya dari daun pisang yakni untuk kesehatan. Seperti :

1. Mengobati  gigitan serangga.

Antioksidan yang terkandung didalamnya berfungsi untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

2. Iritasi kulit.

Tumbuklah daun pisang kemudian campurkan dengan sedikit minyak zaitun, oleskan pada kulit yang terkena iritasi. Lakukanlah dengan rutin.

3. Mengatasi mimisan.

Haluskan daun  pisang  lalu oleskan pada hidung yang mimisan.

4. Mengobati disentri.

Kandungan senyawa aktif yang dimiliki daun ini dapat menghentikan peradangan pada usus yang mengakibatkan keluarnya darah saat buang air besar. Caranya, rebuslah daun pisang. Air rebusannya diminum sehari sekali.

5. Mengobati sakit tenggorokan.

Minumlah air rebusan daun pisang secara rutin, niscaya tenggorokan sakit akan berkurang.

6. Menghaluskan rambut.

Haluskan daun pisang gunakan sebagai masker sesudah keramas. Gunakanlah secara teratur. Ramuan ini juga bisa untuk ketombe. Hasilnya akan maximal.

7. Meredakan demam.

Olesi permukaan daun dengan minyak kelapa, lalu terapkan didahi. (end).

 Selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan