Lebah, Sengatan dan Madunya

0

5NEWS.CO.ID, -Pernahkah kita disengat seekor lebah? Tentu ada yang pernah disengat. Bagaimana rasanya, sakit sekali bukan. Rasa panas, sakit, tajam, gatal-gatal dan bengkak jadi satu disekitar kulit yang tersengat.

Bagi kebanyakan orang sengatan lebah itu hanyalah gangguan. Namun sengatan lebah bisa menjadi masalah dan dapat mengancam jiwa.

Untuk lebah madu, saat menyengat, penyegatnya lepas dari kulit dan menempel pada kulit kita. Setelah menyengat si lebah mati.

Beda dengan tawon atau species lain saat menyegat mereka tidak kehilangan alat sengatan mereka. Saat lebah menyengat kita, ia meninggalkan racun yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Sebagian orang merasa  alergi bila disengat lebah. Kemerahan yang ekstrim dan peningkatan pembengkakan terjadi disekitar kulit yang tersengat.

Selain itu reaksi alergi yang parah dapat menyebabkan gatal-gatal, kulit pucat, gatal parah, pembengkakan lidah dan tenggorokan, sulit bernafas, mual dan muntah, diare, pusing, dan hilang kesadaran (pingsan).  

Mengobati sengatan lebah dan tawon tergantung pada tingkat keparahannya.

Jika lebah madu menyengat, segeralah untuk melepaskan penyengatnya. Ini membantu mengurangi jumlah racun yang dikeluarkan. Kemudian oleskan madu pada bagian yang tersengat.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk meringankan sengatan lebah :

1. Bubuk soda kue.

Bubuk ini dapat menetralkan racun lebah, mengurangi rasa sakit, gatal dan bengkak. Caranya dengan dioles pada area yang tersengat.

2. Madu.

Dapat menyembuhkan luka, rasa sakit dan gatal-gatal. Oleskanlah pada bagian yang sakit.

3. Cuka sari apel.

Cuka dapat menetralkan racun lebah.

4. Pasta gigi.

Oleskan dibagian yang tersengat. Pasta gigi juga dapat menetralkan racun lebah.

5. Pelunak daging atau disebut juga papain yang berfungsi memecah protein yang menyebabkan rasa sakit dan gatal. Caranya dengan dibuat larutan.

6. Tablet aspirin basah.

Tablet ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Obat herbal juga dapat meringankan dan menyembuhan luka sengatan lebah. Seperti lidah buaya, minyak lavender, minyak pohon teh.

Tapi jika alerginya terlalu parah periksakanlah ke dokter. (end).

Komentar