Dibalik Keindahaan Jantung Pisang Ada Manfaat yang Tersembunyi

0

5NEWS.CO.ID, -Selama ini kita mengenal jantung pisang hanya sebagai bunga pisang. Tanpa kita sadari banyak maanfaat yang kita dapat jika kita mengkonsumsi jantung pisang, terutama untuk kesehatan.

Pengolahan jantung pisang ini sangat sederhana. Biasanya dibuat sayuran. Misal dibuat sayur lodeh, opor,urap dan lainnya. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Adapun manfaat jantung pisang untuk kesehatan tubuh  antara lain :

  1. Mencegah stroke. Rebuslah jantung pisang ambon,  peras dan dan ambil sarinya. Minumlah segelas, sehari dua kali.
  2. Mencegah Kolesterol. Jantung pisang mampu mengikat lemak jahat. Kolesterol nantinya akan dikeluarkan.
  3. Menyehatkan perut. Kandungan fiber yang tinggi dapat melancarkan pencernaan.
  4. Makanan penderita diabetes. Indeks glikemik yang rendah membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang direbus mampu menurunkan kadar gula darah.
  5. Kaya serat. Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral, maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B 1.
  6. Baik untuk diet. Mengkonsumsi jantung pisang dapat memberikan efek kenyang lebih lama karena memiliki serat yang tinggi dan rendah.
  7. Melancarkan siklus darah. Jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah.
  8. Mencegah kanker. Ekstrak etanol  dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.
  9. Anti penuaan. Kandungan flavonoidny berfungsi sebagai antiradikal yang mampu memperbaiki beberapa sel.
  10. Mencegah penyakit gondok. Karena jantung pisang mengandung yodium.
  11. Menyembuhkan infeksi. Memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri.
  12. Meningkatkan produksi sel darah merah. Jantung pisang mengandung zat besi yang akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.
  13. Mengontrol darah saat menstruasi. Jantung pisang yang direbus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.
  14. Memperbaiki mood atau antidepresi. Kandungan magnesium dipercaya dapat mengurangi rasa kekawatiran serta memperbaiki suasana hati.
  15. Meningkatkan produktivitas ASI. Mampu melancarkan ASI ibu menyusui.
  16. Mengatasi malaria. Dengan cara membakar jantung pisang selama 30 menit , lalu tumbuklah menjadi halus, peras airnya dan saring. Minumlah sehari sekali, pagi sebelum sarapan.
  17. Mengobati diare. Caranya sama dengan cara dibakar, ambil yang tidak hangus kemudian dibuat urap.  Lakukan sampai diare sembuh. (end).

Tinggalkan Balasan