Jus Lidah Buaya Atasi Panas Dalam

0

5NEWS.CO.ID, -Setiap orang pasti sudah mengenal tanaman Aloe Vera ( lidah buaya). Tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat yang sudah digunakan selama ribuan tahun.

Lidah Buaya merupakan tanaman tanpa batang atau batang pendek yang tumbuh. Batang pendek tanaman ini bisa tumbuh setinggi  60-100 cm. Lidah buaya termasuk tanaman hias.

Spesies ini dikenal sebagai tanaman obat dan bisa tumbuh didaerah dengan curah hujan rendah atau beriklim tropis.

Menurut sejarah, pada abad 1500 SM bangsa mesir kuno sudah mengenal manfaat dari Lidah Buaya. Bangsa Mesir menyebutnya dengan tanaman keabadian. Mereka menggunakan lidah buaya untuk pengobatan berbagai macam jenis penyakit. Hal ini dibuktikan pada seorang tabib yang bernama Dioscordes.

Kemudian pada abad 17, tanaman ini sampailah di Cina dan di berbagai Eropa Selatan. Hingga menyebar keseluruh penjuru dunia.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari lidah buaya  (aloe vera) . Diantaranya :

  1. Mengandung senyawa yang menyehatkan.

Gel yang terdapat pada tanaman ini mengandung senyawa bioaktif. Seperti vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan.

  • Bersifat antioksidan dan antibakteria.

Gel yang mengandung antioksidan yang kuat dapat menghambat pertumbuhan bakteri barbahaya.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Seperti luka terpapar sinar matahari, luka bakar atau iritasi kulit, bisa diatasi dengan mengandalkan gel lidah buaya yang mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

  • Mengurangi plak  gigi.

Kerusakan gigi dan gusi merupakan masalah umum. Dengan cara membuat jus lidah buaya dapat membantu penumpukan plak gigi. Konsumsilah secara teratur.

  • Membantu mengobati sariawan.

Sariawan terjadi karena kondisi tubuh menurun dan juga akibat panas dalam. Hal ini bisa dicegah atau diobati dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur.

  • Mengurangi sembelit.

Lateks yang ada pada bawah kulit lidah buaya yang berwarna kuning inilah yang dapat mengurangi sembelit. Ini termasuk obat pencahar alami.

  • Mencegah keriput dan memperbaiki kulit.

Zat lignin yang terdapat dalam lidah buaya memiliki kemampuan yang dapat menembus sekaligus meresap kedalan kulit dan menjaga cairan di permukaan kulit. Dan juga meningkatkan elatisitas kulit

  • Menurunkan kadar gula darah.

 Dengan meminum jus lidah buaya sehari 2 sendok bisa menurunkan kadar gula. (end).

Tinggalkan Balasan