Ronald Koeman dan Peluang Untuk Latih Barcelona

0

5NEWS.CO.ID, – Ronald Koeman, yang saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Belanda, membuka peluang untuk melatih raksasa Catalan, Barcelona musim depan atau pertengahan 2020.

Hal itu tidak lepas dari klausul kontrak antara Koeman dengan pihak timnas Belanda yang telah disepakati pada Februari lalu. Direktur olahrga federasi sepak bola Belanda (KNVB), Nico-Jan Hoogma, membenarkan pasal kontrak tersebut.

Menurutnya, Koeman bisa meninggalkan timnas Belanda dan bergabung dengan Barcelona pada pertengahan 2020 nanti, atau seusai gelaran Piala Eropa 2020.

“Kami (KNVB dan Koeman) sudah bersepakatsoal itu. Tapi, Koeman baru bisa pergi jika tim yang menginginkan jasanya membayar (sisa kontrak),” ujar Nico dikutip dari Marca, Minggu, (03/11/19).

Koeman memang sudah menandatangani kontrak jangka panjang, yaitu selama empat tahun dengan timnas Belanda tersebut hingga tahun 2022, jika ada tim yang memang ingin memakai jasanya pada 2020 nanti, maka harus membayar sisa klausul kontrak selama 2 tahun tersebut.

Disisi lain, Koeman mengaku belum punya niatan untuk meninggalkan kursi kepelatihan timnas Belanda, namun ia sedikit kecewa karena klausul kontraknya tersebar ke publik.

“ Saya percaya diri menyatakan tidak akan meninggalkan timnas Belanda untuk klub manapun,” ujar Koeman.

KNVB pun sejauh ini juga merasa puas dengan kinerja Koeman yangmampu membawa dampak postif bagi timnas Belanda, apalagi mereka sangat membutuhkan jasa Koeman untuk menyiapkan tim jelang event Piala Eropa 2020 dan Piala Dunia Qatar 2022.

“Sejauh ini, Koeman bekerja sangat baik. Kesuksesannya dalam melatih timnas Belanda akan membantu karir Koeman sebagai pelatih. Saya harap kami bisa menyelesaikan kontrak ini hingga Piala Dunia 2022 di Qatar,” ujar Nico.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Koeman sangat ingin menjadi arsitek klub raksasa Catalan tersebut, apalagi ia pernah mendulang kesuksesan sebagai pemain bersama klub tersebut. Ditambah lagi kini arsitek Barcelona, Ernesto Valverde dianggap tidak bisa memenuhi ekspektasi fans dan petinggi klub. (mra)

Komentar