Ternyata, Banyak Manfaat Ikan Yang Belum Kita Tahu

0

5NEWS.CO.ID, -Siapa sih yang nggak suka ikan. Setiap orang pasti suka makan ikan. Baik ikan laut maupun ikan air tawar. Ikan merupakan makanan yang rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi. Sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

Adapun ikan mudah didapat dan untuk soal harganya masih bisa terjangkau oleh masyarakat. Sementara itu masih banyak penduduk Indonesia yang jarang mengkonsumsi ikan. Terutama penduduk luar Jawa. 

Mereka lebih suka memilih daging dan ayam sebagai sumber protein di banding ikan. Padahal nutrisi yang terkandung dalam ikan sangatlah tinggi dibandingkan nutrisi yang terkandung daging dan ayam. Untuk itu kita perlu tahu manfaatnya apa saja bila kita mengkonsumsi ikan. Banyak manfaat yang akn kita dapatkan jika kita mengkonsumsi  ikan setiap hari. Antara lain :

  • Meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

Karena kaya akan sumber asam lemak omega 3, protein dan nutrisi lainnya yang dapat berperan pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak agar lebih maximal. Sebab otak membutuhkan banyak nutrisi. Apalagi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  • Mencegah demensia.

Demensia adalah sindrom dari penurunan fungsi otak seperti ingatan berkurang atau mudah lupa, menurunnya kemampuan berfikir, menurunnya kecerdasan otak. Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dapat membantu mencegah demensia, membaiki mood dan mencegah depresi.

  • Mengatasi penyakit kanker.

Tumbuhnya sel-sel kanker dapat di cegah dengan mengkonsumsi ikan. Karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan, salah satu contohnya ikan salmon chum yang dapat mencegah kanker.

  •  Menyehatkan jantung. 

Omega 3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah pembekuan darah dalam arteri akan menimbulkan serangan jantung.

  • Membantu menyehatkan persendian.

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyal ikan memiliki sifat anti inflamasi. Yang berguna untuk mengurangi sakit sendi dan peradangan sendi.

  •  Menyehatkan mata.

Nutrisi yang terdapat ikan tawes dapat membantu menyehatkan mata dan meningkatkan daya penglihatan. Selain itu dapat membantu pertumbuhan syaraf pada retina mata serta dapat membantu menurunkan sindrom mata kering.

  • Membantu kesehatan janin pada ibu hamil.

Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan, karena dapat membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan pada bayi , juga dapat menghindari kelahiran bayi prematur.

  •  Menyehatkan kulit.

Omega 3 yang terkandung pada ikan dapat mencegah penuaan dini. Juga dapat menyehatkan kulit serta menjaga kulit dari paparan sinar ultra violet.

  • Menurunkan berat badan.

Minyak ikan dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Ini terdapat pada ikan senangin yang dapat membantu berat badan tetap ideal.

  •  Menjaga imun tubuh.  

Kandungan protein pada ikan pari dapat menjaga imun tubuh. Sehingga tidak mudah terserang penyakit. (end)

Tinggalkan Balasan