Beberapa Alasan Mengapa Orang Menyukai Junk Food

0

5NEWS.CO.ID. -Siapa sih yang nggak suka junk food. Kebanyakan orang menyukai makanan ini.  Terutama anak-anak.

Junk Food sendiri merupakan makanan rendah gizi yang memiliki kandungan garam, lemak dan kalori tinggi, sehingga rasanya dinilai gurih.  Contohnya mie instan, snack bergaram tinggi, burger, keripik, gorengan, kentang goreng olahan, dan sejumlah makanan lain bergizi rendah.

Junk food yang ada di sekitar kita biasanya kadar gulanya sangat tinggi, begitu pula garam dan kandungan lemaknya sangat tinggi.

Ada beberapa alasan kenapa orang tetap mengkonsumsi junk food ini.

*Cepat dan mudah disajikan, cukup dengan hanya merebus, mengoreng, atau menyiramnya dengan air panas. Ada yang lebih simple dengan hanya langsung memakannya.  Apalagi untuk orang yang sibuk bekerja, mereka lebih suka memilih makanan yang cepat saji.

*Harganya terjangkau, di tanggal-tanggal tua orang biasanya berusaha berhemat pengeluaran demi bertahan hidup. Junk food inilah yang dijadikan alasan jika dipenghujung bulan. Contohnya saja anak kost. Dengan makanan cepat saji ini mereka bisa bertahan hidup selama beberapa hari dari pada makanan yang sehat.

*Banyak varian, dalam kurun waktu yang lama orang tidak mungkin bertahan mengkonsumsi makanan yang sama. Hal ini lah yang membuat orang memilih makanan cepat saji yang banyak variannya.

*Mudah didapat, junk food ini diperuntukkan untuk orang tak punya banyak waktu untuk memasaknya.

*Iklan di media, gambar-gambar di media tentunya membuat mata kita menjadi lapar, melihat promo-promo di media.  

Itulah beberapa alasan mengapa orang lebih banyak memilih makanan cepat saji.

Kita sendiri tahu bahwa sebenarnya makanan cepat saji tidak baik bagi tubuh. Walaupun dengan memasaknya lagi dan menambahkan sedikit sayur tetap makanan cepat saji ini tidak baik untuk kesehatan.

Kebanyakan penyuka junk food tidak bisa lepas dari makanan ini hanya  karena sudah ketergantungan. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi  makanan kaya gula dan lemak menyebabkan perubahan neurokimia dalam otak layaknya ketergantungan obat.

Jadi janganlah terlalu sering mengkonsumsi junk food demi kesehatan tubuh kita. (Dbs/end).

Komentar