Pada Dasarnya Mengkonsumsi Tape Singkong Aman

0

Penulis: Endah Sari

Tape (tapai) singkong adalah makanan dari singkong yang di proses secara fermentasi. Makanan tradisional ini sangat populer di Jawa. Dan dikenal diseluruh tempat, mulai dari ujung barat sampai ujung timur Jawa.

Istilah nama tape di berbagai tempat berbeda. Orang Jawa Barat menyebut tape dengan sebutan peuyeum. Sedang orang Jawa Timur tetap menyebutnya dengan istilah tape. Untuk orang Jawa Tengah sendiri menyebutnya dengan nama tape budin.

Pada dasarnya pembuatan tape melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tape (saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada ubi yang sudah dikukus dan dikupas kulitnya.Ada dua tekhnik pembuatan tape, yaitu tape basah ( lunak) dan tape kering (legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan).

Tape kering banyak ditemukan didaerah Priangan Utara ( Purwakarta dan Subang) yang dikenal peuyeum gantung.  Karena diperdagangkan dengan cara di gantung.

Mengkonsumsi tape singkong pada dasarnya aman, selama dalam takaran yang tidak berlebihan. Selain itu  mengkonsumsi tape banyak sekali manfaatnya. Antara lain :

*Baik untuk pencernaan, dapat memelihara saluran pencernaan. Karena keberadaan probiotik atau bakteri baik dalam sistem pencernaan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan.

*Sumber karbohidrat yang baik, dibandingkan dengan nasi, singkong memiliki karbohidrat yang baik. Karena memiliki kadar GI (glycemic  index) yang lebih rendah. Dan tape singkong bisa menjadi  sumber energi yang baik bagi tubuh.

*Mengontrol tekanan darah, singkong memiliki kandungan kalsium yang yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah normal. Selain itu tape singkong dapat menurunkan resiko berbagai penyakit, seperti serangan jantung.

*Mencegah anemia, mikroorganisme yang ada dalam ragi tape dipercaya dapat membantu produksi  vit B 12 bagi tubuh.

*Memelihara otot dan saraf, karena  mengandung Vit B atau tiamin.

*Nutrisi  bagi tulang dan sendi, karena mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat penting memelihara tulang dan sendi.

*Mengeluarkan racun dalam tubuh, tape singkong dapat mengikat dan mengeluarkan racun atau toksin yang biasanya berasal dari fungsi atau disebut juga aflatoksin.

*Meningkatkan gairah seksual , mengkonsumsi tape singkong secara rutin dan bertahap dapat mengatasi masalah gangguan fungsi seksual.

Komentar