Makan Malam Berlebihan Pemicu Diabetes?

0
18

Penulis: Endah Sari

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai kadar gula (glukosa ) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Penyebab kita bisa terkena diabetes adalah karena adanya gangguan dalam tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel sehingga glokosa menumpuk dalam darah.

Ada 2 jenis diabetes yang perlu kita ketahui  diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan yang memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2  penyebabnya sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapt dipergunakan dengan baik.

Kadar gula yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata dan sistem syaraf, sehingga menyebabkan berbagai macam komplikasi.

Awal mula (gejala) bila terkena diabetes adalah rasa haus yang berlebihan dan itu tidak bisa dikuasai. Minum berapapun banyaknya tidak pernah merasa kenyang. Setelah minum banyak pasti kebelakang dan intensitasnya tinggi.Pemicu dari diabetes itu sendiri  sering mengkonsumsi minuman yang manis. Terutama  minuman bersoda/berpengawet.

Orang yang terkena diabetes biasanya tidak menyadari perubahan yang terjadi. Karena penyakit tersebut tidak berdampak langsung akan tetapi secara perlahan-lahan. Perubahan orang yang kena diabetes  adalah rasa lemas meski kita tidak melakiukan aktifitas berat, seperti orang yang habis melakukan  aktifitas berat.

Selain perubahan yang terjadi  diatas penurunan berat badan  turun sangat dratis dan berlangsung terus menerus. Dampak selanjutnya dari gejala diabetes adalah kaki tangan akan terasa kesemutan  pegal-pegal dan nyeri. Maka dari itu penyakit ini  sangat berbahaya bila terus berkembang.

Kita tidak perlu khawatir karena dijaman sekarang sudah banyak pengobatan  untuk diabetes. Mulai dari pengobatan medis maupun herbal. Dan juga pijat refleksi. Adapun pencegahan dini  adalah dengan melakukan 3 O. Antara lain:

O yang pertama  olah raga, dianjurkan seperti jalan kaki ringan tanpa alas kaki karena bisa untuk merefleksi bagian kaki agar peredaran darah lancar.

O yang kedua  olah makan  artinya sangatlah penting dijaga mulai dari perbanyak makan sayur, sedikit nasi, perbanyak minum air putih. Porsi makan harus diautur. Hindari makan malam secara berlebihan. Karena aktifitas malam cenderung sedikit. Lemak yang seharusnya menjadi tenaga malah menumpuk.

O yang terakhir, olah pikir yang berdampak secara tidak langsung kepada penderita diabetes.Rasa tidak nyaman, tidak percaya diri dan segala macam permasalahan hidup  lainnya. Oleh karena itu harus dilawan dengan keikhlasan hati….perbanyak ibadah dan positif thinking.

Tinggalkan Balasan