Dari 5 Generasi, Anda Termasuk Generasi Yang Mana?

0

Penulis: Endah Sari

Seiring  dengan perkembangan teknologi yang canggih dan berjalan seiringnya waktu, terbentuk satu generasi yang pola pikir dan karakter yang berbeda. Karena dari berbagai faktor terbentuklah kepribadian dan pradigma sendiri. Dalam kurun waktu 100 tahun ini ada 5 generasi yang berbeda. Dimana  menurut teori generasi Karl Mannheim, generasi hanya dihasilkan oleh peristiwa sejarah tertentu yang menyebabkan orang muda memandang  dunia secara berbeda dari orang tua mereka. Sebaiknya kita  ulas 5 generasi  tersebut dan kita termasuk generasi yang mana ya?

*Baby Boomer (lahir 1946-1964) atau lebih dikenal  Generasi W adalah generasi yang sebagian besar  lahir setelah Perang Dunia II. Untuk perekonomian dan pertumbuhan penduduk sedang mulai meningkat. Adat istiadat masih dipegang teguh dan bahasa slank belum berkembang. Dalam mengambil sebuah keputusan mereka cenderung kolot. Generasi Baby Boomer tidak suka dikritik. Gengsi menjadi urutan dalam kehidupan sosial. Generasi ini menganggap hidup untuk bekerja.  Loyalitas dan dedikasi dalam bekerja menjadi poin positif bagi Baby Boomer . Dan generasi ini juga disebut generasi pensiun. *Generasi X atau dikenal Gen X (lahir 1961-1980), generasi ini mengikuti generasi baby boomer. Generasi ini terlahir pada masa-masa  adanya gejolak dan transisi serta menyaksikan berbagai konflik global seperti Perang Dingin, Perang Vietnam dan jatuhnya Tembok Berlin.  Generasi ini suka akan resiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat dari pola asuh dari generai sebelumnya. Generasi lebih terbuka dengan kritik dan saran agar lebih efisien  dalam bekerja. Cara pandang mereka mengenai  hidup sama seperti Baby Boomer, yaitu hidup untuk bekerja.

*Generasi Y (lahir 1981-1994), generasi ini disebut generasi milenial yang sudah mengenal teknologi seperti komputer, video games dan smartphone.  Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dari media sosial seperti facebook, line, path, instagram, whatsapp, dan twitter. Dan juga mereka menggunakan game online. Pola pikir dan karakter generasi Y  dikatakan generasi penuh ide-ide visioner dan inovarif untuk melahirkan  generasi yang memiliki pengetahuan dan penguasaan IPTEK.

*Generasi  Z  (lahir 1995-2010), generasi ini adalah generasi setelah generasi Y. Generasi ini merupakan peralihan Generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa diantaranya keturunan Generasi X dan Y. Mereka cenderung bergantung pada teknologi, mementingkan popularitas dari media sosial yang digunakan.

*Generasi Alpha (lahir 2010-2024), generasi sesudah generasi Z lahir. Generasi ini terlahir dengan teknologi yang senakin berkembang pesat. Di usia yang sangat dini mereka sudah mengenal  dan berpengalaman dengan gadget, smartphone dan kecanggihan teknologi . Pola pikir anak-anak generasi Alpha terbuka dengan perkembangan serta trasformatif dan juga inovatif mempengaruhi perkembangan mereka.

Dengan mengenal  perbedaan generasi, kita dapat mengenal baik itu dari pola pikir dan pradigma kehidupan masing-masing.

Tinggalkan Balasan