Apa Bedanya Peringatan 1 Oktober Dan 1 Juni?

0

Penulis: Endah Sari

Hari ini tanggal 1 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Dan hari ini bangsa Indonesia memperingatinya. Apa beda peringatan 1 Oktober dengan 1 Juni?

Untuk 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dimana pada tanggal 1 Oktober ini terjadi peristiwa yang berkaitan dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Dalam insiden ini para perwira tinggi TNI AD diculik dan dibunuh. Kemudian jenazah para perwira tinggi TNI AD ini, mereka kubur didalam sebuah sumur Lubang Buaya.

Kejadian ini terjadi tanggal 30 September dinihari. Insiden ini merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Kemudian Pemerintah Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dan peringatan 1 oktober tahun ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju Dan Bahagia”.

Jadi tanggal 1 Oktober atau Hari Kesaktian Pancasila merupakan tanggal/hari pengkabunggan nasional.

Sedangkan untuk 1 Juni itu sendiri adalah Hari Lahirnya Pancasila. Yang dalam sejarahnya dimulai pada pidato tentang “lima dasar” oleh Muhammad Yamin hingga pidato pada tanggal 1 Juni 1945 yang berisi tentang Lahirnya Pancasial yang dilakukan oleh Soekarno. Dan pada tanggal 22 Juni 1945 Pancasila kemudian disusun sehingga menjadi Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai yang artinya Badan Usaha Penyelidik Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945.  Soekarno menyampaikan pidatonya secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat. Dan sejak tahun 2017 resmi menjadi hari libur nasional. 

Komentar