Cara Memelihara Ginjal Secara Alamiah

0

Pati, 5NEWS.CO.ID, -Ginjal adalah organ alat vital di dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai sistem ekskresi yang perannya sangat penting. Ukuran ginjal manusia berkisar sekitar 200 gram. Peran ginjal adalah sebagai pengatur keseimbangan asam basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, juga membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Ada beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu diketahui:

  1. Menjaga pola makan, pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang ditanam tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih dan konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.
  2. Aktif bergerak, artinya beraktifitas secara rutin yang artinya kita harus aktif bergerak, jangan bermalas-malasan. Hal ini bisa kita lakukakan dengan berolahraga secara teratur minimal 20 menit sehari.
  3. Menjaga berat badan, dimana berat badan yang berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan, karena organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.
  4. Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok, karensa bisa menyebabkan rusaknya paru dan ginjal.
  5. Kontrol tekanan darah, penyakit ginjal ternyata  dapat dipicu dari tekanan darah tinggi.
  6. Minumlah air putih dengan cukup, minumlah air putih sebanyak 6-8 gelas sehari. Karena dengan mencukupi kebutuhan cairan, tubuh akan terhindar dari infeksi saluran kencing. Pada umumnya infeksi saluran kemih terjadi akibat bakteri. Dimana apabila tidak ditangani maka bakteri penyebab infeksi dapat bergerak naik ke atas dan menginfeksi ginjal sehingga menyebabkan fungsi ginjal terganggu.
  7. Menghindari beberapa obat dan suplemen, usahakan untuk tidak mengkonsumsi beberapa obat antibiotik dan pereda nyeri beresiko merusak ginjal. Sebelum mengkonsumsi suplemen sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis.

Perlu diketahui minum air hangat dapat menyehatkan ginjal. Ketika kita minum air bersuhu 0 atau -0 setelah diolah didalam lambung, yang keluar adalah panas. Karena disaat air dingin masuk kedalam lambung, ia tidak tahan sehingga mengambil energi dari ginjal untuk dijadikan bahan yang membuat air menjadi 37 derajat. Kalau energi ginjal diambil terus maka ginjal akan melemah. Artinya lambung organ yang paling takut dingin. Sayangilah organ tubuh kita. (DBS/end)

Komentar