Manfaat Jambu Mete bagi Kesehatan

0
Manfaat Jambu Mete bagi Kesehatan

Setiap orang  pasti pernah mendengar jambu mete atau jambu monyet. Yang waktu jaman kita masih kecil sering bermain dibawah pohon ini, sambil makan buahnya. Meskipun terasa asam tetapi terasa nikmat sekali. Dan untuk bijinya biasa kita kumpulkan, kemudian dibakar untuk dimakan.

Baca Juga:

Di jaman sekarang ini biji jambu mete bisa dijadikan panganan yang rasanya renyah dan gurih, orang biasa menyebutnya kacang mete. Tanpa kita sadari ternyata jambu mete memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman jambu mete sekarang ini termasuk tanaman yang sudah mulai langka. Dan hanya terdapat di pedesaan. Sebenarnya tanaman ini mudah tumbuh dimana saja. Sekilas nampak buah jambu ini seperti buah tomat yang kulitnya tipis dagingnya tebal.

Dimana yang dinamakan buah sebenarnya adalah bagian dasar bunga yang kemudian mengembang setelah terjadi pembuahan. Menjadi buah ini yang dinamakan buah jambu mete. Sementara bagian dari buahnya itu sendiri yang biasa kita kenal sebagai kacang mete.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu mete melebihi buah jeruk.  Seperti yang dikutib dari Buzznigeria ada beberapa manfaat rutin mengkonsumsi jambu mete ini. Yang pertama kaya kalsium, kandungan yang dimilikinya bermanfaat untuk otot dan tulang.

Kedua mengandung vitamin C lima kali lebih banyak daripada jeruk,dimana vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan saat flu.

Ketiga membantu membakar lemak sangat bermanfaat suplay energi dan membakar lemak saat berolah raga. Keempat baik untuk jantung dan menurunkan kadar trigliserid tinggi di tubuh yang terkait dengan penyakit jantung. Sedangkan yang kelima untuk kesehatan seksual peneliti mengklaim jus jambu mete dapat membantu meningkatkan energi dan gairah. Malahan jus jambu mete dipercaya juga dapat membuat wanita menopause lebih mudah untuk tidur.

Selain itu jambu mete  bagus juga untuk program diet, karena mengandung gula yang sangat rendah dan tidak memiliki kandungan kolesterol. Bagi penderita diabetes aman bila mengkonsumsi buah ini,sekaligus menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selamat mencoba. (lip6/end)

Tinggalkan Balasan