Sistem Manajemen Mutu (3-akhir)

0

Penulis: Mirlies Agustyawan S.E.

Apa yang menjadi acuan sebuah organisasi sudah memenuhi standar ISO 9001 sebagaimana yang berlaku umum di seluruh dunia? Jawabannya adalah organisasi tersebut harus mengajukan sertifikasi atas persyaratan yang telah diadopsi dan telah diterapkan di seluruh kegiatan operasionalnya.

Bisa jadi, organisasi tersebut sudahmenjalankan ketentuan yang dipersyaratkan, namun bila belum memperoleh sertifikasi. Artinya organisasi itu belum diakui oleh badan sertifikasi.

Badan sertifikasi yang terakreditasi merupakan lembaga yang berhak memberikan penilaian (certification audit) serta mengeluarkan sertifikat ISO 9001 sebagai bukti bahwa sebuah organisasi telah memenuhi semua persyaratan yang tertulis dalam ISO 9001.

Sertifikat ini berlaku 3 tahun dan dalam waktu 6 bulan atau 1 tahun sekali akan dilakukan audit kembali atau biasa disebut surveillance audit. ISO 9001 adalah standar internasional bagi organisasi yang ingin menerapkan sistem manajemen mutu.

Standar ISO 9001 ini pula yang memberikan persyaratan terkait sistem manajemen mutu untuk berbagai jenis organisasi di seluruh dunia.

Sertifikasi ISO 9001 lebih kepada sebuah pengakuan. Khususnya bagi organisasi yang membangun sistem manajemen mutu untuk kebutuhan pengelolaan kinerja organisasi. Bukan hanya demi selembar sertifikat.

Secara umum manfaat sertifikat ISO 9001 bagai suatu organisasi diantaranya adalah:

a). Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kepuasan pelanggan menjadi hal penting  yang membuat suatu organisasi dipercaya oleh pelanggan sehingga setia sebagai pelanggan yang loyal.

b). Meningkatkan Kredibilitas Organisasi/Perusahaan

Organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar internasional tentunya akan menjamin kredibilitasnya yang artinya seluruh kegiatan operasionalnya telah memiliki standar terbaik dalam menghasilkan nilai positif bagi kepuasan pelanggan.

c). Menunjukkan Konsistensi Produk dan Pelayanan

Organisasi telah mampu secara konsisten untuk menyediakan produk atau pelayanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan peraturan yang berlaku.

d). Menghemat Biaya

ISO menerapkan sistem manajemen yang membantu organisasi untuk mengetahui kinerja perusahaan sehingga ketika dirasakan ada indikasi bahwa kinerja perusahaan menurun maka segera akan dilakukan antisipasi dalam upaya untuk mencegah terjadinya pemborosan anggaran.

e). Jaminan Kualitas

Organisasi yang memiliki standar ISO tentunya sudah melalui proses atau siklus Plan Do Check Action (PDCA) dimana proses identifikasi, analisis dan keputusan atas penyelesaian masalah yang dilakukan tersebut dalam rangka menjamin mutu sesuai dengan standar internasional.

f). Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Seluruh standar dalam prinsip manajemen mutu diterapkan bukan hanya atas proses kegiatan operasional namun juga bagi harus diterapkan bagi seluruh karyawan dalam organisasi sehingga tentunya dapat memotivasi karyawan  agar menjaga kinerja, kualitas, efesiensi dan produktifitas sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Bagaimana, apakah organisasi anda telah menerapkan atau memiliki sertifikat ISO 9001 untuk menjamin sistem manajemen mutu diterapkan secara konsisten dan diakui sesuai standar internasional. (habis)

Komentar